HUBUNGAN KEDISIPLINAN SISWA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI POASAA KECAMATAN UNAAHA KABUPATEN KONAWE

NURMIATI, NIM. 09010101124 (2013) HUBUNGAN KEDISIPLINAN SISWA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI POASAA KECAMATAN UNAAHA KABUPATEN KONAWE. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.doc

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (59kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (12kB)
[img] Text
LAMPIRAN .docx

Download (31kB)

Abstract

ABSTRAK Nurmiati, 09010101124. “Hubungan Kedisiplinan Siswa Dengan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Poasaa Kecamatan Unaaha Kabupaten Konawe.”. Skripsi Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam STAIN Kendari, dibimbing oleh (I) DR. H. Nur Alim, M.Pd (2) Dra. Hj. St. Fatimah Kadir, MA Masalah pokok penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kedisiplinan siswa SD Negeri Poasaa Kabupaten Konawe (2) Bagaimana motivasi belajar pendidikan agama Islam di SD Negeri Poasaa Kabupaten Konawe.(3) Apakah ada hubungan antara kedisiplinan siswa dengan motivasi belajar pendidikan agama Islam di SD Negeri Poasaa Kabupaten Konawe. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Poasaa Kabupaten Konawe, bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kedisiplinan siswa dengan motivasi belajar pendidikan agama Islam siswa di SD Negeri Poasaa Kabupaten Konawe. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan mengguanakan pola survey. Teknik pengumpulan data menggunakn, wawancara dan pemberian angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan siswa SD Negeri Poasaa dikategorikan sebagai siswa yang memiliki kedisiplinan yang tinggi sesuai dengan analisis yang dilakukan menunjukkan sebagian besar responden dapat mentaati peraturan dan ketetntuan yang diberlakukan oleh sekolah. Motivasi belajar siswa pada bidang studi pendidikan agama Islam tergolong tinggi sesuai dengan hasil temuan yang dilakukan dilapangan diketahui siswa SD Negeri Poasaa memiliki motivasi belajar yang baik sesuai dengan analisis angket motivasi belajar yang disebarkan ke sejumlah siswa diketahui siswa memiliki kemauan tinggi berprestasi dibidang studi pendidikan agama Islam. Hasil analisis dengan menggunakan rumus regresi sederhana ditemukan nilai harga b dan a diperoleh persamaan regresi nilai a dan b = 6,568 dan berdasarkan perhitungan dengan menggunakan rumus product moment diperoleh bahwa koefisien determinasi atau r = 0,676 (r2) adalah sebesar 0,4569 atau 45,69%(2). Nilai koifisien determinasi menunjukkan bahwa kedisiplinan sebesar 45,69% memiliki hubungan terhadap motivasi belajar sebesar 45,69% sedangkan sisanya yakni sebesar 54,31% ditentukan oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DR. H. Nur Alim, M.Pd, Dra. Hj. St. Fatimah Kadir, MA
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan, Kedisiplinan Siswa, Motivasi, Belajar dan pendidikan agama Islam
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 30 Jan 2018 03:04
Last Modified: 30 Jan 2018 03:04
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1007

Actions (login required)

View Item View Item