PENGARUH KEBIASAAN PENGGUNAAN FACEBOOK TERHADAPPRESTASI BELAJAR SISWA DI MAN 1 KENDARI

ROSLINA, NIM. 09010101053 (2013) PENGARUH KEBIASAAN PENGGUNAAN FACEBOOK TERHADAPPRESTASI BELAJAR SISWA DI MAN 1 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (56kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (44kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (45kB)

Abstract

ABSTRAK ROSLINA NIM: 09 01 01 01 053, Pengaruh Kebiasaan Penggunaan FacebookTerhadap Prestasi Belajar Siswa di MAN 1 Kendari MelaluiBimbinganDra. Hj. Nurseha Gazali, M.Sidan Ir. Hj. EtyNurInah, M.Si Skripsi ini mengkaji Pengaruh Kebiasaan Penggunaan Facebook Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MAN 1 Kendari dengansasaran permasalahan(1) Bagaimana gambaran penggunaan facebook pada siswa MAN 1 Kendari. (2) Bagaimana gambaran prestasi belajar siswa MAN 1 Kendari. (3) Bagaimana Pengaruh Kebiasaan Penggunaan Facebook Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MAN 1 Kendari. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Kendari. Penelitian ini terdiri dari 2 variabel yaitu Kebiasaan Penggunaan Facebook sebagai variabel bebas (X) dan Prestasi Belajar Siswa sebagai variabel terikat (Y). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sampel 50 orang. Pengumpulan data penelitianmenggunakantekhnikangket yang dikembangkandarikisi-kisi instrument variabelmasing-masing, setelah data penelitianterkumpulkemudiandianalisismenggunakantekhnikanalisisstatistikdeskriptifterhadap data variabel X dan Y, dananalisisinferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan penggunaan facebook MAN 1 Kendari termasuk dalam kategori baik, yaitu sebanyak 84% dari total responden,Prestasi belajar siswa MAN 1 Kendari termasuk dalam kategori tinggi yaitu sebanyak 78% responden, dan Berdasarkanhasilanalisisdeskriptifdiperolehnilai rata-rata X = 45,9dan Y = 77,52denganpersamaanregresi linear sederhanaŶ =77,11+ 0.009 Xdan berdasarkan perhitungan dengan menggunakan rumus product moment diperoleh r=0,018. Jika diinterpretasikan pada nilai r_tabel pada taraf α = 0,05% dimana dk = n-2 = 50-2 = 48, maka diperoleh r_tabel = 0,279. Dengan demikian r_hitung= 0,018 ≤r_tabel = 0,279, artinya tidak ada pengaruh antara kebiasaan penggunaan facebookterhadapprestasibelajarsiswa MAN 1 Kendari.Sedangkannilaikoefisiendeterminasinya (r2) adalahsebesar0,032 %. Untuk menguji signifikan atau tidaknya data hasil penelitian ini, penulis menggunakan uji F, F hitung≤ Ftabel.Ujisignifikansi yang penelitilakukan, menunjukanbahwa F hitung = 1,627 ≤ F tabel = 4,04.Maka hipotesis statistik Hi : ditolak dan H0 : diterima. Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwatidakadapengaruh yang signifikanantaravariabelkebiasaanpenggunaanfacebookterhadapprestasibelajarsiswa MAN 1 Kendari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Nurseha Gazali, M.Sidan Ir. Hj. Ety NurInah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Internet, Facebook dan Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 06 Feb 2018 02:28
Last Modified: 06 Feb 2018 02:28
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1045

Actions (login required)

View Item View Item