MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS HURUF AL-QUR’AN MELALUI METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS III SD NEGERI SAWAPUDO KEC. SOROPIA KAB. KONAWE

RUDIN KASIM, N I M : 11010101028 (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS HURUF AL-QUR’AN MELALUI METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS III SD NEGERI SAWAPUDO KEC. SOROPIA KAB. KONAWE. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.doc

Download (119kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (31kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (51kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (36kB)
[img] Text
Bab IV.doc
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] Text
Bab V.doc

Download (25kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (38kB)

Abstract

ABSTRAK RUDIN KASIM, NIM. 11010101028, Skripsi ini berjudul: “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Huruf Al-Qur’an melalui metode pembelajaran Make A Match pada siswa kelas III SD Negeri Sawapudo Kec. Soropia Kab. Konawe”. Meningkatkan Kemampuan Membaca Lancar Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas SDN Sawapudo. Permasalahan dalam penelitian ini adalah ”Apakah penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca lancar siswa kelas SDN Sawapudo”. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan membaca lancar siswa Kelas SDN Sawapudo dengan menggunakan media gambar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas SDN Sawapudo. Jumlah siswa sebanyak 29 orang, masing-masing terdiri dari 15 orang siswa perempuan dan 14 orang laki-laki. Jenis data yang didapatkan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif yang dijabarkan sebagai berikut: 1) data kualitatatif berupa aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran dan 2) data kuantitatif berupa hasil belajar siswa. Indikator keberhasilan penelitian ini terdiri atas indikator tentang keterlaksanaan skenario pembelajaran dan indikator kemampuan membaca siswa. Skenario pembelajaran dikatakan terlaksana dengan baik apabila skenario pembelajaran minimal 90% terlaksana dengan sempurna. Siswa dikatakan telah memahami konsep Bahasa Indonesia yang diajarkan apabila minimal 80% siswa telah mendapat nilai 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca lancar siswa kelas ISDN Sawapudo. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar, siklus I rata-rata hasil belajar siswa adalah 68,28 menjadi 77,41 pada siklus II. Di samping itu, terjadi peningkatan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu 58,62% (17 orang siswa) pada siklus I menjadi 86,21% (25orang siswa) pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Rahmawati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Belajar, Membaca, Menulis, Make A Match dan Pendidikan Agama islam
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 06 Feb 2018 02:56
Last Modified: 06 Feb 2018 02:56
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1047

Actions (login required)

View Item View Item