B A S M A N, NIM : 08010101166 (2012) KEBIASAAN MEMBACA DI PERPUSTAKAAN SISWA SMP HIDAYATULLAH ULUKALO KECAMATAN WOLO KABUPATEN KOLAKA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
|
Text
COVER.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (152kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (139kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK BASMAN, ”Kebiasaan Membaca di Perpustakaan Siswa SMP Hidayatullah Ulukalo Kecamatan Wolo Kabupaten Kolaka” (Dibimbing oleh Bapak Dr. H. Nur Alim, M.Pd dan Ibu Dra. Hj. Nurseha Ghazali, M. Pd) Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui obyek bacaan, teknik membaca dan motivasi membaca di perpustakaan siswa SMP Hidayatullah Ulukalo kecamatan Wolo Kabupaten Kolaka. Kegunaan skripsi ini adalah menambah wawasan dan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan kebiasaan membaca yag khususnya dapat dimanfaatkan sebagai kajian bersama mengenai kebiasaan membaca di perpustakaan, sebagai pemahaman dan realitas terkait dengan penelitian ini, bagi pendidik agar senantiasa memberi motifasi bagi siswa-siswanya untuk membiasakan diri membaca, memahami objek dan teknik membaca yang baik. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah, dan tempat-tempat yang memungkinkan untuk melakukan pertemuan dengan siswa SMP Hidayatullah Ulukalo kecamatan Wolo Kabupaten Kolaka. Adapun sumber data penelitian ini menggunakan sistem snowball sampling. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakandengan teknik observasi (pengamatan), interview (wawancara), dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini informan dengan meneliti sendiri. Sedangkan analisis data yang ditempuh dengan mengunakan teknik pengecekan (editing) data, klasifikasi data, display data dan verifikasi data. Sedangkan teknik untuk meguji keabsahan data dengan menggunakan metode trianggulasi. Penelitian menghasilkan bahwa obyek bacaan siswa SMP Hidayatullah Ulukalo sangat beragam. Hal ini bisa dilihat dari materi-materi yang dibaca oleh siswa mulai dari materi Pendidikan Agama Islam (PAI), Sejarah Kenabian, Fiqih, Panduan Dakwah, Ilmu Tajwid, Materi Kisah/Cerita, Bahasa Indonesia dan Bahasa Arab ,serta Buku Panduan Olah Raga. Oleh karena itu, penulis merumuskan empat kategori obyek bacaan siswa SMP Hidayatullah Ulukalo yaitu: Materi-materi agama, kisah/cerita, bahasa, dan materi panduan olah raga. Dari kesemua materi itu, materimateri agama yang menjadi obyek bacaan yang paling sering dibaca oleh siswa SMP Hidayatullah Ulukalo. Motivasi siswa untuk membaca di perpustakaan di pengaruhi oleh beberapa hal, diantaranya adalah karena keinginan sendiri untuk mendapatkan ilmu pengetahuan yang banyak, di perpustakaan banyak koleksi buku-buku bacaan, membaca di perpustakaan lebih nyaman dibandingkan di tempat lain, tugas dari guru, diajak oleh teman, dan memiliki masjid binaan. Keingin sendiri untuk membaca di perpustakaan menjadi faktor yang paling dominan yang penulis dapatkan dari sebagian besar informan yang ada. Teknik membaca siswa SMP Hidayatullah Ulukalo sangat berfareasi, ada yang menggunakan teknik memahami bacaan, teknik membaca lambat, teknik membaca sedang, teknik membaca berulang-ulang, teknik melafalkan bacaan, dan teknik membaca di tempat terang. Dari beberapa teknik membaca tersebut yang lebih dominan digunakan oleh siswa SMP Hidayatullah Ulukalo adalah teknik membaca dengan berulang-ulang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Dr. H. Nur Alim, M.Pd dan Ibu Dra. Hj. Nurseha Ghazali, M. Pd) |
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Membaca, dan Perpustakaan |
Subjects: | Pengelolaan Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tilman Syah . |
Date Deposited: | 14 Feb 2018 03:39 |
Last Modified: | 14 Feb 2018 03:39 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1083 |
Actions (login required)
View Item |