MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE ADVOKASI SISWA KELAS V SDN 2 LALOEHA KOLAKA

AGUSTINA, NIM 2010010700821 (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE ADVOKASI SISWA KELAS V SDN 2 LALOEHA KOLAKA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (121kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (274kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Agustina. A.Ma. “Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Pengajaran Advokasi Pada Murid Kelas V SDN 2 Leloeha Kabupaten Kolaka” dibimbing oleh Hj. St. Kuraedah, M.Ag. Masalah penelitian dirumuskan bahwa “apakah Advokasi dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas V SDN 2 Laloeha Kolaka. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan pada bulan September 2011 sampai bulan Oktober 2011, yang dibagi menjadi 2 siklus. Siklus pertama berlangsung dari tanggal 12 sampai dengan 17 September 2011, dan dilanjutkan pada siklus kedua yang berlangsung dari tanggal 17 sampai 22 Oktober 2011. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action Research) yang berfokus pada upaya untuk mengubah kondisi nyata yang ada sekarang kearah kondisi yang diharapkan. Berdasarkan hasil tes siklus I data perolehan menunjukkan bahwa, 3 orang (10 %) mempunyai nilai sedang, 23 orang (76,67 %) yang mempunyai nilai tinggi, 4 orang (13,33%) yang mempunyai nilai sangat tinggi dan tidak adalagi yang mempunyai nilai gagal dan Berdasarkan hasil tes siklus II data perolehan menunjukkan bahwa, 8 62 20 orang (66,67 %) yang mempunyai nilai tinggi, 10 orang (33,33%) yang mempunyai nilai sangat tinggi dan tidak adalagi yang mempunyai nilai sedang dan gagal. Jika dibandingkan dengan siklus I, hasil belajar tes akhir siklus II diperoleh skor 20 orang (66,67 %) yang mempunyai nilai tinggi, 10 orang (33,33%). Skor rata-rata sebelum tindakan adalah 20,9. Sedangkar skor rata-rata keseluruhan siswa adalah 24,4. Sedangkan kegiatan pelaksanaan pembelajaran juga meningkat dari siklus I pada kegiatan inti hanya mencapai 75%, pada siklus II mencapai 95%. Dengan demikian tidak perlu perbaikan dalam pembelajaran siklus berikutnya. Dari hasil penelitian ini dasarankan bagi guru pengajar hendaknya menggunakan strategi pembelajaran yang efektif dan variatif agar pembelajaran lebih menarik, menyenangkan, dan tidak membosankan. Sehingga prestasi belajar siswa bisa meningkat dan bagi kepala sekolah hendaknya memberikan kesempatan kepada guruguru untuk mengikuti pelatihan atau workshop tentang strategi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hj. St. Kuraedah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran Advokasi, dan Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 22 Feb 2018 00:53
Last Modified: 22 Feb 2018 00:53
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1087

Actions (login required)

View Item View Item