MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA MELALUI METODE CIRC ( Penelitian Tindakan Kelas di kelas X.D SMA Negeri 1 Unaaha

A R I F U D D I N, NIM: 09010101127 (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA MELALUI METODE CIRC ( Penelitian Tindakan Kelas di kelas X.D SMA Negeri 1 Unaaha. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (301kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (403kB)

Abstract

ABSTRAK ARIFUDDIN, “ Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC” ( dibimbimg oleh Dra Hj St Kuraedah, M.Ag dan dan Ir. Hj. Ety Nur Inah, M,Si Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana gambaran model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di kelas X.D SMA Negeri 1 Unaaha? 2) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan aktivitas siswa di kelas X.D SMA Negeri 1 Unaaha? 3) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam siswa di kelas X.D ? Tujuan Penelitian yang ingin dicapai yaitu 1) untuk mengetahui gambaran model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di kelas XD SMA Negeri 1 Unaah, 2) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan aktivitas siswa di kelas X.D SMA Negeri 1 Unaaha, 3) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran model CIRC dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam siswa di kelas X.D SMA Negeri 1 Unaaha. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan pada bulan Mei s.d Juni 2013 di SMA Negeri 1 Unaaha Kabupaten Konawe dengan 2 (dua) siklus dan 3 (tiga) kali tindakan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X. D SMA Negeri 1 Unaaha yang berjumlah 33 orang. Hasil Penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dan nilai rata-rata hasil belajar pendidikan Agama Islam pada pokok bahasan zakat, haji dan wakaf dari 69,69 menjadi 85,15 dan ketuntasan belajar siswa dari siklus 1 dan siklus 2 adalah 84,84% menjadi 100%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini maka disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar pendidikan Agama Islam pada siswa kelas X.D SMA Negeri 1 Unaaha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hj St Kuraedah, M.Ag dan dan Ir. Hj. Ety Nur Inah, M,Si
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam dan Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 22 Feb 2018 01:00
Last Modified: 22 Feb 2018 01:00
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1088

Actions (login required)

View Item View Item