STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN SELF CONTROL SISWA DI MAN 1 KONAWE SELATAN KECAMATAN KONDA KABUPATEN KONAWE SELATAN SKRIPSI

MUH. SAIFUL DARMAWAN, NIM. 12010101010 (2016) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN SELF CONTROL SISWA DI MAN 1 KONAWE SELATAN KECAMATAN KONDA KABUPATEN KONAWE SELATAN SKRIPSI. Skripsi thesis, I.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)

Abstract

ABSTRAK Muh. Saiful Darmawan Nim 1201010101, “ Strategi Guru Dalam Meningkatkan Self Control Siswa Di MAN I Konawe Selatan Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan”. ( Jurusan Pendidikan Agama Islam melalui bimbingan Drs. Masdin , M. Pd ) Skripsi ini bertujuan; (1).Untuk mendeskripsikan keadaan Self Control siswa Di MAN I Konawe Selatan Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan. (2). untuk mengetahui dan mendeskripsikan keadaan Self Control siswa di MAN I Konawe selatan kecamatan konda kabupaten konawe selatan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yakni menggambarkan hasil temuan lapangan dengan melalui tehnik pengumpulan data, observasi langsung, wawancara, dan studi dokumen. Adapun analisis data ditempuh dengan cara reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan/reabilitas data ditempuh dengan cara perpanjangan waktu dilapangan, peningkatan ketekunan, triangulasi, dan member check. Hasil penelitian menunjukan bahwa keadaan self control siswa di MAN I Konawe Selatan dalam kategori baik dan strategi guru dalam meningkatkan Self Control siswa di MAN I Konawe Selatan berdasarkan temuan peneliti ada beberapa hal diantaranya melalui Keteladanan seperti kedisiplinan diri misalnya tepat waktu berangkat kesekolah, tertib dan patuh terhadap peraturan dilingkungan sekolah, dan memahami kontrak belajar yang telah disepakati oleh tiap guru mata pelajaran. Kemudian melalui Pendekatan Persuasive , pendekatan persuasiv yang dimaksud adalah pendekatan persuasif melalui pendekatan dari hari ke hati tidak mengedepankan kekerasan dan lebih memperingatkan dengan cara halus. Cara ini dilakukan oleh guru dalam mengatasi perkara yang bersangkutan dengan siswa, dalam hal ini apabila siswa melanggar tata tertib berat yaitu berkelahi. selanjutnya melalui Sikap Tegas dimana hal ini mengacu pada peraturan-peraturan sekolah sebagai upaya dalam bersikap tegas kepada siswa yang masih melanggar peraturan atau tata tertib sekolah. kemudian memalui Pengawasan hal ini dilakukan untuk selalu mengontrol siswa agar senantiasa disiplin dan menjalankan aturan sekolah dengan baik. Dan yang terakhir adalah melalui Pembiasaan seperti sholat dzuhur secara berjamaah dan khutbah jumat pada siswa di masing masing kelas bertujuan agar siswa selalu dekat dengan Allah dengan begitu siswa akan selalu mengontrol dirinya untuk tidak melakukan hal yang dapat merugikan dirinya sendiri dan orang lain. Kata Kunci : Self Control, Strategi Guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Masdin , M. Pd
Uncontrolled Keywords: Self Control, Strategi Guru
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 05 Sep 2017 02:00
Last Modified: 05 Sep 2017 02:00
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/112

Actions (login required)

View Item View Item