MENINGKATKAN KEATIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI MELALUI METODE INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS V.A SDN 10 ABELI

MUHAMMAD KHALIL, 13010104030 (2017) MENINGKATKAN KEATIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI MELALUI METODE INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS V.A SDN 10 ABELI. Skripsi thesis, IAIN Kendari.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (847kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (960kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK MUHAMMAD KHALIL, NIM 13010104030 “Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran PAIMelalui Metode Index Card Match pada siswa kelas V.A SDN 10 Abeli” (Pembimbing Dr. H. Herman, M.Pd.I) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar PAI siswa kelas V.A SDN 10 Abeli. Keaktifan belajar yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu keaktifan fisik dan keaktifan mental serta untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PAI pada siswa kelas V.A SDN 10 Abeli Tahun Pelajaran 2017/2018 melalui metode pembelajaran Index Card Match. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), di mana peneliti sebagai pelaksana pembelajaran sedangkan guru kelas V.A sebagai pengamat. Desain penelitian menggunakan model Hoopkins. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V.A yang berjumlah 21 orang. Objek penelitian yaitu keaktifan belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Data dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Metode Index Card Match adalah Penggunaan metode dengan cara membuat potongan kertas berisi pemberitahuan atau materi pembelajaran berupa pertanyaan dan jawaban yang terdiri dari satu, dua atau lebih. Siswa diharuskan mencari pasangan jawaban dari soal yang dibagikan secara acak Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa pada siklus I mencapai 63% (kriteria tinggi), pada siklus II meningkat menjadi 82% (kriteria sangat tinggi). Hal ini berarti terjadi peningkatan sebesar 19%. Peningkatan tersebut terjadi karena setelah diadakan tindakan pada siklus II yaitu dengan mengubah kartu index yang digunakan. Jika pada siklus I kartu index digunakan untuk menjelaskan materi baru, maka pada siklus II kartu index digunakan pada akhir kegiatan inti proses pembelajaran atau sebagai konfirmasi. Dengan demikian penggunaan metode pembelajaran tipe index card match dalam mata pelajaran PAI dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V.A SDN 10 Abeli.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Herman, M.Pd.I)
Uncontrolled Keywords: KEATIFAN SISWA, PEMBELAJARAN PAI, METODE INDEX CARD MATCH
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 04 Jun 2018 06:32
Last Modified: 04 Jun 2018 06:32
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1169

Actions (login required)

View Item View Item