WAODE MASYITA, NIM: 12010101067 (2016) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA PEMBELAJARAN PAI DIKELAS X IIS 4 SMA NEGERI 6 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
|
Text
COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (914kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (912kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (694kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Pendidikan yang berkualitas memerlukan tenaga pengajar atau guru yang mampu dan siap berperan secara profesional dalam lingkungan sekolah dan masyarakat. Sejalan dengan kemajuan IPTEK maka tuntutan kopetensi guru propesional berubah. Dampak perkembangan IPTEK terhadap pembelajaran adalah semakin diperkaya sumber dan media pembelajaran.1Penggunaan metode active knowledge sharing pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa dikela X Ilmu-ilmu Sosial 4 telah berjalan dengan baik sekali dan sesuai dengan langkah-langkah atau prosedur yang telah ditetapkan. Pada siklus I, berdasarkan hasil skor nilai yang diperoleh pada setiap aspek aktivitas siswa didalam kelompok ada peningkatan yang mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan namun masih minim. Pada siklus II hasil skor nilai pada setiap aspek aktivitas siswa telah menunjukkan peningkatan dan mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Siswa juga telah menunjukkan peningkatan keaktifan mereka disetiap pertemuan dengan aktif bertanya, kerja sama, mulai bertanggung jawab, berani dalam mengambil tindakan, dan berani dalam berpendapat setiap pembelajaran yang dilakukan dengan metode active knowledge sharing. 2. Aktivitas belajar siswa meningkat secara signifikan setelah penggunaan metode active knowledge sharing. Rata-rata peningkatan dan ketuntasan klasikal dari hasil tes observasi awal ke hasil tes siklus I meningkat sebesar 62% dengan persentase peningkatan sebesar 10,68% sedangkan dari hasil 86 perolehan skor nilai siklus I ke siklus II meningkat sebesar 87,42 % dengan persentase peningkatan sebesar 18,48 %
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Raehang, S.Ag.M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | AKTIVITAS BELAJAR, METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING |
Subjects: | Ilmu Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tilman Syah . |
Date Deposited: | 05 Sep 2017 06:15 |
Last Modified: | 05 Sep 2017 06:15 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/117 |
Actions (login required)
View Item |