MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA PEMBELAJARAN PAI DIKELAS X IIS 4 SMA NEGERI 6 KENDARI

WAODE MASYITA, NIM: 12010101067 (2016) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA PEMBELAJARAN PAI DIKELAS X IIS 4 SMA NEGERI 6 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (914kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (912kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (694kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan yang berkualitas memerlukan tenaga pengajar atau guru yang mampu dan siap berperan secara profesional dalam lingkungan sekolah dan masyarakat. Sejalan dengan kemajuan IPTEK maka tuntutan kopetensi guru propesional berubah. Dampak perkembangan IPTEK terhadap pembelajaran adalah semakin diperkaya sumber dan media pembelajaran.1Penggunaan metode active knowledge sharing pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa dikela X Ilmu-ilmu Sosial 4 telah berjalan dengan baik sekali dan sesuai dengan langkah-langkah atau prosedur yang telah ditetapkan. Pada siklus I, berdasarkan hasil skor nilai yang diperoleh pada setiap aspek aktivitas siswa didalam kelompok ada peningkatan yang mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan namun masih minim. Pada siklus II hasil skor nilai pada setiap aspek aktivitas siswa telah menunjukkan peningkatan dan mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Siswa juga telah menunjukkan peningkatan keaktifan mereka disetiap pertemuan dengan aktif bertanya, kerja sama, mulai bertanggung jawab, berani dalam mengambil tindakan, dan berani dalam berpendapat setiap pembelajaran yang dilakukan dengan metode active knowledge sharing. 2. Aktivitas belajar siswa meningkat secara signifikan setelah penggunaan metode active knowledge sharing. Rata-rata peningkatan dan ketuntasan klasikal dari hasil tes observasi awal ke hasil tes siklus I meningkat sebesar 62% dengan persentase peningkatan sebesar 10,68% sedangkan dari hasil 86 perolehan skor nilai siklus I ke siklus II meningkat sebesar 87,42 % dengan persentase peningkatan sebesar 18,48 %

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Raehang, S.Ag.M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: AKTIVITAS BELAJAR, METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 05 Sep 2017 06:15
Last Modified: 05 Sep 2017 06:15
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/117

Actions (login required)

View Item View Item