MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI PENGGUNAAN METODE DISCOVERY PADA MURID TKAISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KECAMATAN WOLIO KOTA BAUBAU

ROSMIATI, NIRM. 20100107-00829 (2011) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI PENGGUNAAN METODE DISCOVERY PADA MURID TKAISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KECAMATAN WOLIO KOTA BAUBAU. Skripsi thesis, IAIN Kendari.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (59kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ROSMIATI, 20100107-00829. Meningkatan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Penggunaan Metode Discovery pada Murid TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kecamatan Wolio Kota Baubau. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar. Pembimbing: Drs. Amri, M. Th.I I. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode discovery dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kota Baubau? Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui penerapan metode discovery dalam meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak usia dini di TK Aisyiah Bustanul Athfal Kota Baubau. II. Secara umum, kondisi objektif murid TK Aisyiyah Bustanul Athfal dalam pembelajaran mengenal warna adalah masih rendahnya pemahaman sebagian anak dalam mengenal warna. Anak hanya sebatas mengetahui warna yang telah ada tanpa memahami dengan jelas warna secara konsep. III. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus tindakan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal dengan jumlah 20 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan anak mengenal warna sebelum implementasi metode discovery pada umumnya rendah. Anak hanya sebatas mengetahui warna yang telah ada, tanpa memahami dengan jelas warna secara konsep. Kemampuan anak mengenal warna setelah pelaksanaan pembelajaran dengan metode discovery meningkat secara signifikan dan mencapai hasil maksimal. Pembelajaran dengan metode discovery mampu mengembangkan kemampuan mengenal warna anak dari hanya sebatas mengetahui macam-macam warna menjadikan anak mampu memahami warna secara konsep. Hal ini terlihat dari naiknya nilai rata-rata kelas dari sebelum penelitian sampai pada siklus II. Hasil observasi sebelum pelaksanaan penelitian, nilai rata-rata kelas hanya 42,5. Kemudian naik pada siklus I menjadi 74 dan naik lagi pada siklus II menjadi 90.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Amri, M. Th.I
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 07 Jun 2018 06:54
Last Modified: 07 Jun 2018 06:54
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1182

Actions (login required)

View Item View Item