UMMU HABIBAH, NIM. 08010101171 (2013) PEMBINAAN AKHLAK ANAK DI KELURAHAN MANDONGA (Studi tentang Peran TPQ Masjid Agung Al-Kautsar Kota Kendari). Skripsi thesis, IAIN Kendari.
Text
COVER.doc Download (3MB) |
|
Text
BAB I.doc Download (81kB) |
|
Text
BAB II.doc Download (522kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (20kB) |
|
Text
BAB IV.doc Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (13kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (12kB) |
Abstract
ABSTRAK Ummu Habibah, Nim: 08010101171, Judul: Pembinaan Akhlak Anak di Kelurahan Mandonga (Studi tentang peran TPQ Masjid Agung Al-Kautsar Kota Kendari) (dibimbing oleh Ibu Dra. Hj. St Kuraedah, M.Ag dan Ibu Dra. Hj. St Fatimah Kadir , MA selaku pembimbing I dan Pembimbing II). Dalam penelitian ini mengangkat permasalahan I) bagaimanakah peran taman pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Masjid Agung Al- Kautsar Kelurahan Mandonga Kota kendari dalam pembinaan akhlak anak ? 2) Faktor- faktor apakah yang mendorong dan yang menghambat pembinaan akhlak yang dilaksanakan di TPQ. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang dilaksanakan di TPQ Masjid Agung Al-Kautsar, sejak bulan nopember hingga bulan januari 2013. Sumber data yang diperoleh adalah dari ustadz ustadzah, orang tua santri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi , wawancara, dan dokumentasi . Data yang diperoleh diolah dengan tekhnik reduksi data(merangkum, memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan pada hal – hal yang penting, dicari tema dan polanya dan membuang yang tidak perlu), display data (penyajian data yang dilakukan dalam bentuk uraian singkat) dan verifikasi data (penarikan kesimpulan awal yang masih bersifat sementara dan akan berubah bila tidak ditemukan bukti-bukti yang kuat sampai ditemukan bukti-bukti yang valid dan konsisten) Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran yang dilakukan Taman Pendidikan Qur-an dalam pembinaan akhlak anak terkait dalam penyampaian materi pelajaran, penggunaan metode, dan pelaksanaan kegiatan. Materi pembinaan akhlak anak terdiri dari materi pokok (kemampuan membaca Al-Qur’an ) dan materi tambahan (ilmu tauhid, akhlak, sejarah, hafalan bacaan salat dan hafalan doa sehari hari ) Faktor pendorong pelaksanaan pembinaan akhlak anak terdiri dari: Pertama pendukung orang tua, Kedua motivasi anak untuk mengikuti TPQ dan lingkungan masyarakat sekitar TPQ yang menyambut gembira keberadaan TPQ. Faktor penghambat tersebut terdiri dari : Pertama pembiayaan yang tidak sesuai dengan kebutuhan operasianal dan gaji para ustadz tidak cukup memadai, Kedua jumlah tenaga pengajar (ustadz) sehingga kurang efektifnya kegiatan mengajardi TPQ. Kata Kunci : Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), Akhlak, Orang Tua , Pendidik(guru) , Lingkungan Masyarakat, Insting dan Adat Kebiasaan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Dra. Hj. St Kuraedah, M.Ag dan Dra. Hj. St Fatimah Kadir , MA |
Uncontrolled Keywords: | Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), Akhlak, Orang Tua , Pendidik(guru) , Lingkungan Masyarakat, Insting dan Adat Kebiasaan |
Subjects: | Ahlak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tilman Syah . |
Date Deposited: | 10 Aug 2018 07:04 |
Last Modified: | 10 Aug 2018 07:04 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1231 |
Actions (login required)
View Item |