PENYELESAIAN PEMBIAYAAN BERMASALAH AKAD MURABAHAH PADA PT. BANK BNI SYARIAH CABANG KENDARI

MUHAMMAD REZKY, NIM. 10020103011 (2016) PENYELESAIAN PEMBIAYAAN BERMASALAH AKAD MURABAHAH PADA PT. BANK BNI SYARIAH CABANG KENDARI. Skripsi thesis, IAIN Kendari.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (770kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (60kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (54kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muhammad Rezky, NIM. 10020103011 “Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Akad Murabahah pada PT. Bank BNI Syari’ah cabang Kendari” (dibimbing oleh Dr. Hj. Ummi kalsum, M. Ag dan Akmal, ME) Skripsi ini berkenaan dengan penyelesaian pembiayaan bermasalah pada PT. Bank BNI Syariah cabang kendari. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana Praktek pengajuan pembiayaan akad murabahah pada PT. Bank BNI Syariah Cabang Kendari? dan Bagaimanakah pihak bank menyelesaikan pembiayaan bermasalah akad murabahah pada Bank BNI Syariah Cabang Kendari? Penelitian ini adalah dekskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau perifikasi data. Adapun pengecekan keabsahan data, penelitian menggunakan Trianggulasi. Hasil penelitian ini untuk menggambarkan penyelesaian pembiayaan bermasalah. Penelitian ini meneliti tentang bagaimana penyelesaian pembiayaan bermasalah pada PT. Bank BNI syariah cabang Kendari dalam memberikan pembiayaan kepada nasabah melalui persyaratan yang ditetapkan oleh Bank BNI syariah Pusat. Sehubungan dengan penyelesaian terhadap nasabah dalam mengambil pembiayaan kepada PT. Bank BNI Syariah cabang Kendari dapat disimpulkan bahwa persyaratan yang harus dilengkapi oleh calon nasabah di dalam bentuk dokumen pribadi, dan Dokumen lain tersebut dapat di lihat pada Standar Operasional Prosedur (SOP) yang baku pada PT. Bank BNI Syariah Cabang Kendari dipenuhi oleh calon nasabah melalui negosiasi awal di antara PT. Bank BNI Syariah Cabang Kendari dengan calon nasabahnya. Ruang lingkup negosiasi awal tersebut adalah prosedur awal atau prosedur permulaan yang nantinya akan sampai pada prosedur berikutnya antara lain pemenuhan persyaratan, penandantanganan Akad Pembiayaan, dan pelaksanaannya serta pengawasannya. Penerapan 5C terhadap pengajuan pembiayaan ini sudah baik dan efektif, karena dengan penerapan 5C ini pihak kreditor yang tidak lain adalah Bank BNI Syariah Cabang kendari dapat mengetahui silsilah, karakter, baik sifat maupun sikap, kondisi keuangan, kemampuan mengangsur dan juga keadaan jamianan dari calon debitor yakni pihak nasabah, dan Dalam penyelesaian pembiayaan bermasalah Bank BNI Syariah Cabang Kendari menyelesaikan secara musyawarah antara pihak kreditor dan debitor. Selain bermusyawarah dengan pihak nasabah, pihak Bank BNI Syariah Cabang kendari juga menerapkan kebijakan yaitu rescheduling dan memberikan surat peringatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Ummi kalsum, M. Ag dan Akmal, ME)
Uncontrolled Keywords: PEMBIAYAAN BERMASALAH AKAD MURABAHAH
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 14 Aug 2018 01:45
Last Modified: 14 Aug 2018 01:45
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1242

Actions (login required)

View Item View Item