PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH AL IKHLAS MOWEWE

MUHAMAD NUR, NIM : 16040202002 (2018) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH AL IKHLAS MOWEWE. Skripsi thesis, IAIN Kendari.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB III.pdf

Download (71kB) | Preview
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img]
Preview
Text
12. BAB V.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (33kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : Muhammad Nur Nim : 16040202002 Konsentrasi : Pendidikan Agama Islam Judul : Penerapan model Cooperative Learning terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Perilaku Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah Al Ikhlas Mowewe Tesis ini mengkaji tentang penerapan model Cooperative Learning (CL) terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pembentukan perilaku belajar siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al Ikhlas Mowewe. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) menggunakan model Cooperative Learning (CL), menganalisis bentuk-bentuk perilaku belajar siswa menggunakan model Cooperative Learning (CL), dan menganalisis penerapan model Cooperative Learning (CL) dalam pembentukan perilaku belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif berbentuk studi kasus menggunakan analisis deskriptif. Sumber data primer yaitu data utama yang bersumber dari Kepala Madrasah, guru dan siswa. Sedangkan sumber data sekunder yaitu data pendukung tentang kondisi objektif Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al Ikhlas Mowewe yang dirinci, diolah, dan dianalisis. Teknik dan prosedur pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dan pengolahan data melalui reduksi, penyajian, dan kesimpulan data. Pengujian keabsahan data meliputi uji kredibilitas dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui penerapan model Cooperative Learning (CL) melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. (2) Bentuk- bentuk perilaku belajar siswa terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui penerapan model Cooperative Learning (CL) diwujudkan dalam bentuk-bentuk perilaku belajar siswa meliputi: kebiasaan, keterampilan, pengamatan, berpikir asosiatif dan daya ingat, sikap, Inhibisi, apresiasi, berpikir rasional dan kritis, dan tingkah laku afektif. (3) Penerapan model Cooperative Learning (CL) terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pembentukan perilaku belajar siswa melalui tiga tipe, yakni : tipe belajar kelompok (learning together), tipe diskusi kelompok (group discussion), dan tipe Jigsaw. Implikasi hasil karya ilmiah ini diharapkan memberi informasi terhadap dunia pendidikan. Penerapan model Cooperative Learning (CL) terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pembentukan perilaku belajar siswa diharapkan mampu melahirkan kebijaksanaan dan kearifan dalam menyikapi kompleksitas permasalahan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hj. Nurseha Gazali dan Imelda Wahyuni
Uncontrolled Keywords: COOPERATIVE LEARNING, PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, PERILAKU, BELAJAR DAN SISWA
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 15 Aug 2018 01:31
Last Modified: 15 Aug 2018 01:31
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1250

Actions (login required)

View Item View Item