STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBIMBING PENGAMALAN AJARAN AGAMA ISLAM SISWA MAS AL-IRSYAD LALONGGASUMEETO KABUPATEN KONAWE

RUMIA, NIM. 15040202011 (2018) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBIMBING PENGAMALAN AJARAN AGAMA ISLAM SISWA MAS AL-IRSYAD LALONGGASUMEETO KABUPATEN KONAWE. Masters thesis, IAIN Kendari.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II..pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (54kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rumia NIM.15040202011 Tesis ini berjudul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membimbing Pengamalan Ajaran Agama Islam Siswa MAS Al-Irsyad Lalonggasumeeto Kabupaten Konawe” Program Studi Pendidikan Agama Islam. di bimbing Oleh Dr.Hj.St.Hasniyati Gani Ali, M.Pd.I dan Dr. Imelda Wahyuni,S.S,M. Pd.I Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empirik; menganalisis dan mendeskripsikan beberapa hal yaitu; (1) Pengamalan ajaran Agama Islam siswa MAS Al-Irsyad Lalonggasumeeto, Kabupaten Konawe.(2) Strategi guru pendidikan Agama Islam dalam membimbing pengamalan ajaran agama Islam siswa MAS Al-Irsyad Lalonggasumeeto Kabupaten Konawe. (3) Kendala dan solusi dalam meningkatkan pengamalan ajaran agama siswa MAS Al-Irsyad Lalonggasumeeto. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, Fieldresearch (penelitian lapangan), dengan tehnik purposive sampling serta menggunakan metode; (1) Observasi (pengamatan), (2) Interview (wawancara) dan dokumentasi lapangan. Tekhnik analisa data dalam penelitian digunakan data collection (kumpulan data), data reduksi (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclusion drawing (kesimpulan dan verifikasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengamalan ajaran agama siswa MAS Al-Irsyad Lalonggasumeeto setelah guru pendidikan agama Islam melakukan pembimbingan pada aspek ibadah shalat, membaca Al-qur’an, akhlak mulia dan kehidupan sosial siswa sudah baik dan terus dioptimalkan. Strategi yang di gunakan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan pengamalan ajaran agama Islam siswa adalah melalui keteladanan dan pembiasaan dapat meningkatkan pengamalan ibadah shalat dan membaca Al-qur’an. Strategi mauidzah dapat meningkatkan pengamalan ahlakul karimah siswa, strategi personal dan strategi latihan kesadaran dapat meningkatkan akhlak dan moralitas agama siswa di MAS Al-Irsyad Lalonggasumeeto. Kendala peningkatan pengamalan ajaran agama Islam siswa MAS Al-Irsyad Lalonggasumeeto yaitu; (1) pengetahuan agama orang tua yang masih minim. (2) Kepedulian orang tua masih rendah. (3) Sarana ibadah masjid belum ada. (4) Perpustakaan yang belum memadai. (5) Hubungan guru dan orang tua belum efektif. Solusi yang ditempuh mengatasi kendala peningkatan pengamalan ajaran agama siswa dengan jalan ; (1) meningkatkan pengetahuan agama orang tua. (2) meningkatkan kepedulian pengawasan orang tua. (3) Pengadaan sarana ibadah (masjid). (4) Perpustakaan yang memadai (layak). (5) menjalin hubungan guru dan orang tua yang efektif. Implikasi strategi pembimbingan guru pendidikan agama Islam yang efektif dapat meningkatkan pengamalan ajaran agama Islam siswa MAS Al-Irsyad Lalonggasumeeto dan secara intensif terus dioptimalkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr.Hj.St.Hasniyati Gani Ali, M.Pd.I dan Dr. Imelda Wahyuni,S.S,M.M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: STRATEGI, GURU, PENDIDIKAN AGAMA ISLAM,
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: PASCASARJANA > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 15 Aug 2018 01:41
Last Modified: 15 Aug 2018 01:41
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1251

Actions (login required)

View Item View Item