ABDUL ROKHIM, NIM. 09010101046 (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERETIVE TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI KELAS VIII C MTSN 1 KONAWE SELATAN KABUPATEN KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN Kendari.
|
Text
COVER.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (385kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Abdul Rokhim NIM: 09010101046 “ Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tye Jigsaw Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Kelas VIII C MTsN 1 Konawe Selatan Kabupaten Konawe Selatan ” (dibimbing Dra. Hj. St Fatimah kadir MA dan Dra. Rahmawati, M.Pd Penelitian ini berjudul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tye Jigsaw Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Kelas VIII C MTsN 1 Konawe Selatan Kabupaten Konawe Selatan”. Masalah utama yang ingin dibahas dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar Aqidah Akhlak siswa kelas VIII C dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tye Jigsaw?. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar Aqidah Akhlak siswa kelas VIII C melalui model pembelajaran Kooperatif Tye Jigsaw. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Karakteristik yang khas dari penelitian tindakan kelas yakni adanya suatu tindakan kelas untuk memperbaiki proses belajar mengajar di kelas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII C MTsN 1 Konawe Selatan pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Prosedur penelitian tindakan kelas ini diatur dengan jumlah siklus yang relatif yaitu disesuaikan dengan kondisi tindakan penelitian nantinya. Bertindak sebagai guru model adalah peneliti sendiri berkalobarasi dengan guru yang ada disekolah yang bertindak sebagai observer. Dari hasil penelitian diketahui bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tye Jigsaw dalam pembelajaran Aqidah Akhlak pada kelas VIII C MTsN 1 Konawe Selatan dapat meningkatkan aktivitas kelompok siswa dan aktivitas guru. Hal ini dapat dilihat pada pencapaian nilai rata-rata pada setiap siklusnya. Aktivitas kelompok meningkat dari siklus I dengan nilai presentase aktivitas 56.41% kategori kurang baik menjadi 87.18% berkategori baik pada siklus II. Aktivitas gurupun meningkat lebih baik dari siklus I dengan nilai presentase aktivitas 60.00% berkategori cukup baik menjadi 91.11% berkategori baik pada siklus II. Selain itu, penerapan mobel pembelajaran pembelajaran Kooperatif Tye Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak pada kelas VIII C MTsN 1 Konawe Selatan. Nilai rata-rata pada siklus I adalah 68,59, dan meningkat dengan nilai rata-rata 77,20 pada siklus II. Hasil pelaksanaan model pembelajaran Kooperatif Tye Jigsaw pada siklus I pada aspek aktivitas siswa dan guru serta hasil belajar masih menunjukan hasil yang kurang baik. Hal ini disebabkan karena siswa masih terbiasa dengan cara belajar lama yang cenderung didominasi oleh peran guru (pembelajaran konvensional). Melalui tahap refleksi ditemukanlah berbagai kekurang dan kelemahan yang kemudian diperbaiki pada siklus II. IAIN KENDARI
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Dra. Hj. St. Fatimah Kadir, MA dan Dra. Rahmawati, M.Pd, |
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR, COOPERETIVE TIPE JIGSAW DAN AQIDAH AKHLAK |
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tilman Syah . |
Date Deposited: | 15 Aug 2018 02:28 |
Last Modified: | 15 Aug 2018 02:28 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1252 |
Actions (login required)
View Item |