MANAJEMEN KURIKULUM PESANTREN SALAFIYAH DALAM PENYELENGGARAAN PROGRAM DAKWAH METODE JAMAAH TABLIGH ( Studi Kasus di Pondok Pesantren Kasyiful ‘Ulum Kendari )

ANGKI FIRMANSYAH, NIM : 16040201021 (2018) MANAJEMEN KURIKULUM PESANTREN SALAFIYAH DALAM PENYELENGGARAAN PROGRAM DAKWAH METODE JAMAAH TABLIGH ( Studi Kasus di Pondok Pesantren Kasyiful ‘Ulum Kendari ). Masters thesis, IAIN Kendari.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

MANAJEMEN KURIKULUM PONDOK PESANTREN SALAFIYAH DALAM PENYELENGGARAAN PROGRAM DAKWAH JAMAAH TABLIGH ( Studi Kasus di Pesantren Kasyiful ‘Ulum Kendari ) ABSTRAK Sejak tahun 2009, Pondok Pesantren Salafiyah Kasyiful ‘Ulum Kendari mulai berdiri dan didalam kurikulum pesantrennya menyelenggarakan Program Dakwah metode Jamaah Tabligh. Masuknya program dakwah Jamaah Tabligh dalam pembelajaran pesantren, secara tidak langsung cukup berpengaruh dalam pengalokasian waktu ketika menyusun jadwal pembelajaran; antara pembelajaran dakwah dengan kajian kitab klasik. Keadaan ini tentu perlu untuk dikaji lebih jauh, agar ke depan pada masing-masing pesantren dapat mengelola kurikulum dengan selalu menjaga sinergitas antara kewajiban melaksanakan pembelajaran dakwah dengan kajian keagamaan berupa pengajian kitab; yaitu bagaimana manajemen kurikulum dan usaha menata-kelola kurikulum pada Pondok Pesantren Salafiyah Kasyiful Ulum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan desain penelitian analisis kegiatan. Subyek penelitian adalah Pondok Pesantren Salafiyah Penyelenggara Program Dakwah di Kota Kendari, dengan lokasi penelitian di pesantren Kasyiful Ulum Kelurahan Mokoau Kecamatan Kambu Kota Kendari. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, studi dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data pada tesis ini menggunakan model Miles dan Huberman dengan empat tahapan yaitu; pengumpulan data, reduksi data, display data, penarikan kesimpulan atau verifikasi ,hasil temuannya ditulis dalam bentuk narasi. Beberapa temuan yang diperoleh dalam penelitian ini bahwa manajemen kurikulum pondok pesantren Salafiyah Kasyiful ‘Ulum Kota Kendari berpedoman kepada pesantren pusat yaitu pondok pesantren Al-Fatah yang berada di Magetan Jawa-Timur. Tahap pelaksanaan atau implementasi kurikulum pada pondok pesantren Kasyiful ‘Ulum masih mengutamakan pengajian kitab kuning; yaitu kitab keagamaan klasik sebagai bahan ajar dengan metode wetonan Pembelajaran dakwah metode Jamaah Tabligh yang diwajibkan kepada setiap santri dalam waktu tertentu yaitu khuruj 1 hari tiap bulan dan 40 hari tiap tahun yang dilakukan di masjid-masjid diluar pesantren dengan 4 kurikulum utama yaitu; 1. Dakwah Ilallah, 2. Ta’lim wa ta ‘alum, 3. Dzikir Ibadah dan ke 4. Khidmat, dapat menghasilkan santri berkualitas yang diharapkan mempunyai iman yang lurus, ilmu yang tinggi, muroqobah/dekat hubungannya dengan Alloh SWT, dan juga berakhlaq mulia

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Zulkifli Musthan, M.S.i, M.Pd, dan Dr. H.Moh Yahya Obaid, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Kurikulum, Manajemen Kurikulum, dan Pesantren Salafiyah
Subjects: Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 21 Aug 2018 00:57
Last Modified: 21 Aug 2018 00:57
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1259

Actions (login required)

View Item View Item