Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Mahasiswa Dalam Menganalis Data Statistika

DR. SITTI NURFAIDAH, M.Ed, NIP : 197704172009012004 and TANDRI PATIH, S.Pd., M.Si, NIDN : 2011129001 and MUHAMMAD FEBRIAWAN, NIM : 15010110012 (2017) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Mahasiswa Dalam Menganalis Data Statistika. Other thesis, IAIN Kendari.

[img]
Preview
Text
Cover + Isi.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran Lengkap.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENELITIAN BERBASIS PRODI~FULL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Mahasiswa Dalam Menganalis Data Statistika ABSTRAK Penggunaan ilmu statistika dalam penelitian telah diterapkan, memberikan manfaat dan kemudahan dalam pengembangan berbagai bidang ilmu, termasuk dalam bidang pendidikan. Sayangnya, Mahasiswa biasanya mempunyai sikap negatif terhadap mata kuliah yang berhubungan dengan penelitian, ketakutan begitu mudah timbul di kalangan mahasiswa saat harus terlibat aktivitas kuantitatif (perhitungan). Masih banyak peserta didik yang menganggap bahwa statistika tidaklah lebih dari sekadar berhitung dan bermain dengan rumus dan angka-angka. Mahasiswa program studi Tadris MIPA (Tadris Matematika, Tadris Fisika, dan Tadris IPA), dituntut untuk dapat menguasai bidang statistika lebih baik dibandingkan mahasiswa program studi non eksak. Penelitian ini menggali lebih dalam mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi Kemampuan Analisis Data Statistik (KADS) mahasiswa. Populasi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 mahasiswa yang merupakan seluruh mahasiswa Program Studi Tadris MIPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari yang masih aktif dan telah memprogramkan mata Kuliah Statistika. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode analisis regresi linear berganda dan One Way Anova. Penelitian ini mengahasilkan kesimpulan bahwa; (1) Rata-rata nilai TKADS mahasiswa secara keseluruhan adalah 46,85. Rata-rata nilai TKADS mahasiswa Tadris Matematika sebesar 45,43 lebih rendah dibandingkan nilai rata-rata mahasiswa Tadris Fisika dan Tadris IPA. sedangkan standar deviasi perolehan mahasiswa secara keseluruhan adalah sebesar 9,99. Standar deviasi perolehan mahasiswa Tadris Fisika sebesar 7,28 lebih kecil dibandingkan standar deviasi Tadris Matematika dan Tadris IPA; (2) Kesulitan-kesulitan yang dialami oleh mahasiswa dalam belajar Statistika meliputi: Kesibukan Dosen yang mengakibatkan pembelajaran dikelas kurang berjalan baik; terdapat perbedaan antara rumus yang terdapat dibuku pegangan dengan yang diajarkan dosen, sedangkan Dosen tidak dapat menjelaskan mengapa perberbedaan tersebut terjadi; materi yang diajarkan sama dengan materi yang diajarkan di SMA sehingga saat mengambil matakuliah lanjutan merasa kesulitan (Materi tidak tuntas); penggunaan pengujian data dalam Statistika termasuk penggunaan aplikasi statistiknya; kendala dalam mengingat rumus dan kurangnya pemahaman mengenai konsep Statistika; (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi Kemampuan Analisis Data Statistik (KADS) mahasiswa adalah Motivasi dan Kompetensi Dosen yang Mengajar, sedangkan Minat, jurusan di SMA/MA/SMK dan Asal sekolah tidak berpengaruh secara signifikan; (4) Tidak terdapat perbedaan KADS yang signifikan antar mahasiswa antar kelompok Tadris (Tadris Matematika, Tadris Fisika, dan Tadris IPA). Kata Kunci: Motivasi Belajar, Minat Belajar, Kompetensi Dosen yang Mengajar, Kemampuan Analisis Data Statistik (KADS).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Minat Belajar, Kompetensi Dosen yang Mengajar, Kemampuan Analisis Data Statistik (KADS).
Subjects: Pendidikan
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 03 Sep 2018 03:42
Last Modified: 03 Sep 2018 03:42
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1284

Actions (login required)

View Item View Item