ANALISIS PENYEBAB KESULITAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SDN 04 BARUGA KOTA KENDARI

HADI SUCIPTO, NIM: 14040202006 (2017) ANALISIS PENYEBAB KESULITAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SDN 04 BARUGA KOTA KENDARI. Masters thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (112kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (54kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (127kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (57kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Hadi Sucipto NIM : 14040202006 Prongram Studi : Pendidikan Agama Islam Tesis :Analisis Penyebab Kesulitan Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SDN 04 Baruga Kota Kendari Pokok masalah penelitian ini adalah penyebab kesulitan belajar Pendidikan Agama Islam siswa Sekolah Dasar Negeri 04 Baruga Kota Kendari. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bentuk-bentuk kesulitan belajar Pendidikan Agama Islam, peyebab kesulitan belajar Pendidikan Agama Islam dan upaya-upaya mengatasi kesulitan belajar Pendidikan Agama Islam di SDN 04 Baruga Kota Kendari. Penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik. Karna berdasarkan tujuan, dan tingkat keilmiahan obyek yang diteliti dalam penelitian ini tidak membuat perlakuan terhadap obyek yang diteliti dalam pengambilan data. Sumber dalam penelitian ini yaitu data primer, adapun yang menjadi sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru agama Islam dan siswa yang mengalami kesulitan belajar Pendidkan Agama Islam. Sumber data skunder, dalam bentuk dokumen-dokumen, dokumentasi dan data penunjang lainnya merupakan sumber data sekunder. Upaya untuk mendapatkan data yang akurat mengunakan metode observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Adapun teknik pengolahan dan analisis data, mengunkan pengumpulan data, reduksi data, display data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data mengunakan: perpanjangan pengamatan, peningkatkan ketekunan dalam penelitian, triangulasi, penggunaan bahan referensi, analisis kasus negatif, dan membercheck. Hasil penelitian ini menunjukkan bentuk kesulitan belajar Pendidikan Agama Islam yaitu membaca Al-Qur’an, menulis, menghafalkan ayat-ayat Al-Qur’an, kesulitan dalam menyelesaikan tugas, kesulitan dalam menyerap materi pembelajaran, dan kemamapuan untuk aktif dalam proses pembelajaran. Hal-hal yang menjadi penyebab kesulitan belajar Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 04 Baruga terdiri dari dua faktor yaitu faktor internal terdiri atas kurangnya minat siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, rendahnya motivasi belajar Pendidikan Agam Islam dan rendahnya tingkat kedisiplinan siswa. Sedangkan faktor eksternal terdiri dari kurangnya sarana pendukung pembelajaran Pendidikan Agama Islam, rendahnya pengawasan, motivasi orang tua dan masih ada yang mengunakan metode pembelajaran yang monoton. Upaya mengatasi kesulitan siswa dalam belajar Pendidikan Agama Islam SD Negeri 04 Baruga yaitu dengan memberikan bimbingan khusus, dukungan sarana prasarana, pendekatan keluarga siswa dan mengatasi metode pembelajaran yang monoton

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Supriyanto M.A, dan Dr. Hj. Hasniyati Gani Ali, M.PdI
Uncontrolled Keywords: Belajar, Kesulitan Belajar,Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: PASCASARJANA > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 05 Sep 2018 02:32
Last Modified: 05 Sep 2018 02:32
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1297

Actions (login required)

View Item View Item