STUDI TENTANG KOMPETENSI PAEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SDN 3 KENDARI BARAT

ST. NURUNG AMAN, NIM. 11010101140 (2015) STUDI TENTANG KOMPETENSI PAEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SDN 3 KENDARI BARAT. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (71kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (58kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (61kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (43kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (24kB)

Abstract

ABSTRAK Nama : ST. Nurung Aman, A. Ma NIM : 11010101140 Judul : STUDI TENTANG KOMPETENSI PAEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SDN 3 KENDARI BARAT Skripsi ini adalah studi tentang kompetensi paedagigok dan kompetensi professional guru pendidikan agama Islam Guru Pendidikan Agama Islam SDN 3 Kendari Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kompetensi paedagogik dan kompetensi professional Guru Pendidikan Agama Islam SDN 3 Kendari Barat, untuk mengetahui kondisi pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat pengembangan kompetensi paedagogik dan kompetensi professional, serta upaya yang dilakukan untuk mengetahui hambatan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dengan jenis penelitian kualitatif dengan lokasi penelitian pada SDN 3 Kendari Barat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan paedagogis dan pendekatan Psikologis. Sumber data penelitian adalah data primer yang melibatkan 27 informan dan data sekunder yang diperoleh dari literatur atau buku rujukan dan dokumen sebagai data pendukung. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, Guru Pendidikan Agam Islam SDN 3 Kendari Barat telah memenuhi standar subkompetensi dalam kompetensi paedagogik dan kompetensi professional. Kondisi pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Peserta didik, komponen Guru Pendidikan Agama Islam dan komponen sarana prasarana, atau alat-alat pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Peserta didik mempunyai semangat belajar dengan cukup baik. Guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik masih mengalami kesulitan mengembangkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam karena keterbatasan sarana atau alat-alat pembelajaran. Faktor pendukung pengembangan adalah peningkatan kualitas pendidikan, keterlibatan Guru Pendidikan Agama Islam dalam kegiatan penataran, pelatihan, pengadaan buku-buku sebagai literatur pembelajaran Pendidikan Agama Islam, meningkatkan supervisi pengawas Pendidikan Agama Islam pada SDN 3 Kendari Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. St. Kuraedah, M.Ag DAN Dr. Fatirawahidah, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Paedagogi, Guru Profesional,Profesional, Pendidikan Agama Islam DAN Kepemimpinan
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 13 Sep 2018 01:01
Last Modified: 13 Sep 2018 01:01
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1326

Actions (login required)

View Item View Item