PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIDANG STUDI PAI MELALUI METODE SNOWBALL THOROWING SISWA KELAS XI REKAYASA PERANGKAT LUNAK (RPL) SMK NEGERI 6 KENDARI

MUFIK, NIM. 13010101023 (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIDANG STUDI PAI MELALUI METODE SNOWBALL THOROWING SISWA KELAS XI REKAYASA PERANGKAT LUNAK (RPL) SMK NEGERI 6 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (686kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (560kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mufik, Nim. 13010101023 “Peningkatan Hasil Belajar Bidang Studi PAI Melalui Metode Snowball Thorowing Siswa Kelas XI RPL SMK Negeri 6 Kendari,” Hasil Penelitian Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Islam IAIN Kendari, (Dibimbing oleh : Syahrul, S.Pd.I, M.Pd.). Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu: apakah metode pembelajaran snowball thorowing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI RPL SMK Negeri 6 Kendari dengan jumlah peserta didik 19 orang. Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahap disetiap siklusnya. Yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) evaluasi dan (5) refleksi. Proses pembelajaran PAI dilaksanakan dengan menggunakan metode snowball thorowing, indicator hasil belajar pada penelitian ini berupa tercapainya ketuntasan belajar individu dan klasikal. Adapun pemgumpulan datanya dilakukan dengan metode: observasi, dokumentasi dan tes evaluasi. Data hasil pengamatan tes evaluasi diolah dengan analisis deskriptif untuk menggambarkan keadaan peningkatan pencapaian keberhasilan setiap siklus dan untuk menggambarkan keberhasilan pembelajaran dengan menggunkan metode snowball thorowing. Hasil penelitian menunjukan bahwa: hasil beljar PAI siswa melalui metode pembelajaran snowball thorowing mengalami peninkatan hasil belajar, pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas 72,84% dengan ketuntasan belajar 63,15%. Aktivitas belajar antar siswa 83,33% dan aktivitas mengajar guru 86,11% dan meningkat menjadi 83,94% dengan ketuntasan belajar 100%. Aktivitas belajar antar siswa 88,33% pada siklus II. Sehingga bisa disimpulkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas pada siklus I dari 72,84% menjadi 83,94% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Syahrul, S.Pd.I, M.Pd.).
Uncontrolled Keywords: Metode Sowball Throwing, Hasil Belajar, Bidang Studi Pendidikan Agama Islam,
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 18 Sep 2018 01:48
Last Modified: 18 Sep 2018 01:48
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1337

Actions (login required)

View Item View Item