KINERJA GURU TERSERTIFIKASI (Studi pada Madrasah Aliyah Al-barkah Kecamatan Lalembuu Kabupaten Konawe Selatan)

Muhamad Nur Isya, Nim: 14010101015 (2018) KINERJA GURU TERSERTIFIKASI (Studi pada Madrasah Aliyah Al-barkah Kecamatan Lalembuu Kabupaten Konawe Selatan). Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (410kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (395kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muhamad Nur Isya, NIM: 14010101015, Kinerja Guru Tersertifikasi (Studi Kasus pada Madrasah Aliyah Al-Barkah Kecamatan Lalembuu Kabupaten Konawe Selatan). Penelitian ini menjelaskan tentang kinerja guru tersertifikasi dengan tujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana kinerja guru tersertifikasi dan bagaimana dampak kinerja guru tersertifikasi terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Al-Barkah Kecamatan Lalembuu Kabupaten Konawe Selatan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu jenis penelitian yang menggambarkan kondisi nyata tentang judul penelitian atau objek penelitian yang berdasarkan pada data asli yang telah dikumpulkan. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data, kemudian diolah dan dianalisis dengan menempuh langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianagulasi, yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja guru tersertifikasi di Madrasah Aliyah Al-barakah Kecamatan Lalembuu Kabupaten Konawe Selatan cukup baik, hal tersebut dilihat dari aspek kedisiplinan, kesiapan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, kemampuan dalam mengembangkan materi, kesesuaian pemilihan metode dan penggunaan media yang dihubungkan dengan materi yang diajarkan serta kemampuan dalam mengevaluasi hasil pembelajaran. Dampak kinerja guru tersertifikasi terhadap prestasi belajar siswa dilihat dari prestasi belajar yang diperoleh siswa pada mata pelajaran yang ditangani oleh guru tersertifikasi. Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran yang ditangani oleh guru tersertifikasi menunjukan predikat baik yakni berada di atas nilai standar KKM yang telah ditetapkan. Penelitian ini diharapkan mampu menjadi rujukan dan masukan baik bagi guru, pemerintah, dan masyarakat dalam menilai tingkat keberhasilan kebijakan sertifikasi guru dalam upayanya untuk meningkatkan kinerja guru. Saran penulis bagi pihak Madrasah Aliyah Al-Barkah Kecamatan Lalembuu Kabupaten Konawe Selatan dalam upaya peningkatan kinerja guru adalah dengan memperbanyak program pelatihan bagi guru-guru, program seminar, diklat, dan workshop tentang peningkatan kompetensi guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Imelda Wahyuni, S.S, M.Pd.I,
Uncontrolled Keywords: Kinerja Guru. Kinerja, Guru Tersertifikasi.
Subjects: Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 18 Sep 2018 01:57
Last Modified: 18 Sep 2018 01:57
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1338

Actions (login required)

View Item View Item