Meningkatkan Hasil Belajar PAI Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Pada Siswa Kelas XB di SMK Negeri 5 Kendari

Muhammad Nurrohim,, 14010101070 (2018) Meningkatkan Hasil Belajar PAI Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Pada Siswa Kelas XB di SMK Negeri 5 Kendari. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (949kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (254kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muhammad Nurrohim,14010101070.“Meningkatkan Hasil Belajar PAI Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Pada Siswa Kelas XB di SMK Negeri 5 Kendari”. Melalui bimbingan Erdiyanti S.Ag, M.Pd Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PAI melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada siswa kelas XB di SMK Negeri 5 Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dengan objek penelitian yakni kelas XB yang berjumlah 18 siswa. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar PAI melalui model pembelajaran Make a Match pada siswa kelas XB di SMK Negeri 5 Kendari mengalami peningkatan yang signifikan. Adapun peningkatan hasil belajar PAI dapat ditunjukan dari nilai pra siklus sampai siklus II, pada pra siklus ketuntasan belajar siswa mencapai 44,44% dengan nilai rata-rata adalah 68,61. Setelah melaksanakan tindakan siklus I persentasi ketuntasan belajar siswa mencapai 61,11% dengan nilai rata-rata adalah 74,16. Kemudian dilanjutkan pada siklus II persentasi ketuntasan belajar siswa mencapai 83,33% dengan nilai rata-rata 78,33. Peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I mencapai 37,51, kemudian peningkatan hasil belajar dari prasiklus ke siklus II mencapai 87,51, dan siklus I ke siklus II sebesar 36,36. Dengan demikian, hasil belajar siswa telah mencapai nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 75 dengan persentasi ketuntasan belajar adalah 80%. Kata Kunci: Make a Match, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Erdiyanti S.Ag, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Make a Match, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 03 Oct 2018 02:08
Last Modified: 03 Oct 2018 02:08
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1365

Actions (login required)

View Item View Item