WA ODE SYAMSINAR NADIA, NIM. 16040202023 (2018) ANALISIS PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK BERBASIS KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 5 KENDARI. Masters thesis, IAIN KENDARI.
Text
COVER.docx Download (92kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (35kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (67kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (35kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
BAB V.docx Download (24kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (21kB) |
|
Text
LAMPIRAN.docx Download (127kB) |
Abstract
Wa Ode Syamsinar Nadia (16040202023) Judul tesis “Analisis Pelaksanaan Penilaian Autentik Berbasis Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 5 Kendari” dibawah bimbingan Bapak Prof. Dr. Jafar Ahiri, M.Pd selaku Pembimbing I dan Bapak Dr. H. Moh. Yahya Obaid selaku Pembimbing II. ABSTRAK Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan penilaian autentik berbasis kurikulum 2013 pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP Negeri 5 Kendari. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penilaian autentik yang mencakup perencanaan penilaian autentik, pelaksanaan penilaian autentik, dan pelaporan penilaian autentik dalam tiga kompetensi yakni kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus untuk menganalisis pelaksanaan penilaian autentik dari tiga sektor. Disamping itu, teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara semi terstruktur, observasi non partisipant dan studi dokumentasi dengan teknik analisis data interaktif dan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, serta triangulasi waktu. Sedangkan sumber utama dalam penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti. Hasil penelitian ini menunjukkan tiga hal yakni: (1) perencanaan penilaian autentik yang dilakukan guru dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dengan menetapkan indikator pencapaian kompetensi sesuai dengan tuntutan kompetensi dasar; menetapkan kriteria penilaian dari berbagai teknik penilaian; membuat instrumen penilaian; menetapkan bobot nilai; dan menetapkan rumus penentuan nilai akhir. (2) pelaksanaan penilaian autentik dalam penilaian kompetensi sikap menggunakan penilaian observasi dan penilaian jurnal, namun penilaian diri dan penilaian antar teman tidak terlaksana meskipun terdapat dalam rencana penilaian; terkait kompetensi pengetahuan, guru menggunakan bentuk penilaian tes tertulis, tes lisan, dan penilaian penugasan; dan terkait kompetensi keterampilan, guru melaksanakan penilaian kinerja dan penilaian portofolio, namun pada penilaian portofolio dilaksanakan tidak sesuai dengan mekanisme penilaian sedangkan penilaian proyek dan produk tidak terlaksana.(3) pelaporan penilaian autentik dianalisis sesuai dengan pedoman penskoran dan dituliskan secara deskriptif naratif selain skor atau predikat; prosedur pelaporan penilaian dalam kompetensi sikap belum sesuai dengan pedoman penilaian revisi kurikulum 2013; pelaporan penilaian kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan dilaksanakan sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 yang ditetapkan dengan standar kriteria ketuntasan minimal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Prof. Dr. Jafar Ahiri, M.Pd dan Dr. H. Moh. Yahya Obaid |
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum 2013, Penilaian Autentik, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti |
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | PASCASARJANA > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tilman Syah . |
Date Deposited: | 03 Oct 2018 05:56 |
Last Modified: | 03 Oct 2018 05:56 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1369 |
Actions (login required)
View Item |