KREATIVITAS KEPALA MADRASAH DALAM MENERAPKAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DI MADRASAH IBTIDAYAH NEGERI (MIN) 1 WAKATOBI KECAMATAN WANGI-WANGI SELATAN KABUPATEN WAKATOBI

ASRIANTI, Nim: 14010103023 (2018) KREATIVITAS KEPALA MADRASAH DALAM MENERAPKAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DI MADRASAH IBTIDAYAH NEGERI (MIN) 1 WAKATOBI KECAMATAN WANGI-WANGI SELATAN KABUPATEN WAKATOBI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (418kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (31MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ASRIANTI NIM: 14010103023 “Kreativitas Kepala Madrasah Dalam Menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Wakatobi Kecamatan Wangi-Wangi Selatan Kabupaten Wakatobi”. Dibimbing oleh Dra. Hj. Siti Fatimah Kadir. MA Penelitian ini berkenaan dengan Kreativitas Kepala Madrasah Dalam Menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah Di MIN I Wakatobi Kecamatan Wangi-Wangi Selatan Kabupaten Wakatobi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Kreativitas kepala madrasah dalam menerapkan manajemen berbasis sekolah di MIN I Wakatobi Kecamatan Wangi-Wangi Selatan Kabupaten Wakatobi. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana gambaran penerapan MBS di MIN 1 Wakatobi, 2. Apa saja kreativitas yang dilakukan kepala madrasah dalam mengembangkan MIN 1 Wakatobi, 3. Faktor-faktor apakah yang mendukung dan menghambat pelaksanaa MBS. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan jenis data kualitatif dan sumber data terdiri dari dua yakni sumber data primer mencakup wawancara kepada kepala sekolah, guru dan tenaga administrasi adapun sumber data skunder yakni beberapa referensi buku, jurnal dan website. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah koleksi data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik, triangulagi sumber dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan MBS sudah optimal. Penerapan manajemen berbasis sekolah (MBS) meliputi: (a) perencanaan, (b) pengorganisasian (c) pergerakan/pelaksanaan dan, (d) pengawasan/evaluasi. (2) kreativitas kepala madarasah yang digunakan dalam mengembangkan madrasah yaitu menggunakan kreativitas dalam bentuk transformasional, kreativitas dalam bentuk transformasional yaitu ciri seorang pemimpin yang mempunyai keinginan untuk merubah suatu gagasan kedalam bentuk tindakan. (3) faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan MBS yaitu (1) faktor pendukung meliputi (a) guru dan staf, (b) siswa, (c) sarana dan prasarana dan, (d) dinas pendidikan kecamatan. (2) faktor penghambatnya yaitu pegawai harus bekerja lebih banyak dari yang sebelumnya serta kurangnya tenaga administrasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Siti Fatimah Kadir. MA
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Kepala Madrasah.dan Penerapan MBS
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 01 Nov 2018 06:09
Last Modified: 01 Nov 2018 06:09
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1384

Actions (login required)

View Item View Item