MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 ROKO-ROKO KECAMATAN WAWONII TENGGARA KABUPATEN KONAWE KEPUALAUAN

BUDI UTOMO, NIM. 13010101148 (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 ROKO-ROKO KECAMATAN WAWONII TENGGARA KABUPATEN KONAWE KEPUALAUAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (756kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (672kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK BUDI UTOMO, NIM. 13010101148, Judul: Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Roko-Roko Kecamatan Wawonii Tenggara Kabupaten Konawe Kepulauan, (Dibimbing Oleh: Dr. Samrin, M.Pd.I). Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action research. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran eksopsitori di SD Ngeri 2 Roko-Roko Kecamatan Wawonii Tenggara? 2) Apakah strategi pembelajaran ekspositori dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa di SD Ngeri 2 Roko-Roko Kecamatan Wawonii Tenggara? Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Roko-Roko Kecamatan Wawonii Tenggara Kabupaten Konawe Kepulauan pada kelas V pada tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah murid 19 orang. Prosedur penelitian terdiri dari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) evaluasi, (5) refleksi. Sumber data adalah guru dan murid. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru dan murid, serta tes tertulis pada tiap siklus untuk mengetahui hasil belajar murid. Faktor yang diselidiki yakni faktor murid dan guru. Standar ketuntasan yang ditetapkan adalah apabila minimal 80% murid memperoleh nilai ≥ 65. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pembelajaran ekspositori dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa. Hal ini bisa dilihat dari terus meningkatnya nilai yang diperoleh siswa dan guru selama proses pembelajaran. Pada evaluasi di akhir siklus I perolehan nilai siswa mencapai rata-rata 64,53 dengan 52,63% siswa memperoleh nilai ≥ 65. Aktivitas belajar siswa mencapai nilai 2,4 atau 60%. Sementara kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran mendapatkan nilai 2,67 atau 66,75%. Pada siklus II perolehan nilai siswa menunjukan peningkatan dengan nilai rata-rata perolehan siswa 71,16 dengan 84,21% siswa memperoleh nilai ≥ 65. Pencapaian siswa pada siklus II menunjukan peningkatan yang sangat besar sekaligus manjadi akhir dari pelaksanaan pembelajaran dengan strategi ekspositori, sebab standar ketuntasan yang ditentukan olah sekolah adalah jika 80% siswa memperoleh nilai ≥ 65 telah tercapai. Aktivitas belajar siswa juga menunjukan peningkatan pada siklus II, yakni 3,2 atau 80%. Aktivitas guru dalam mengelola pelajaran juga masuk kategori baik dengan perolehan nilai 3,17 atau 79,25% (kriteria keterlaksanaan baik).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Samrin, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Ekspositori, Belajar dan Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 06 Nov 2018 02:30
Last Modified: 06 Nov 2018 02:30
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1393

Actions (login required)

View Item View Item