HASMIATI, NIM.15040201001 (2018) SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PAI DI SDN SEKECAMATAN POMALAA KABUPATEN KOLAKA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
|
Text
COVER.pdf Download (739kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (513kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (691kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (519kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (820kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (470kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (479kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK HASMIATI, 2017, “Supervisi Kepala Sekoh Terhadap Kinerja Guru PAI di SDN Se-Kecamatan Pomalaa Kabupaten Kolaka (Survey 2017 ) “,Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Institut Agama Islam (IAIN ) Kendari. Pembimbing 1. Dr. H. Zulkifli Musthan, M.Si, M.Pd, Pembimbing II, Dr. Hj. St. Hasniyati Gani Ali, M.Pd.I Penelitian ini membahas tentang Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru PAI di SDN Se-Kecamatan Pomalaa Kabupaten Kolaka. Dengan permasalahan adalah bagaimana pelaksanaan supervisi Kepala Sekolah dalam meningkatkan Kinerja guru PAI serta faktor pendukung dan penghambatnya, dengan tujuan untuk mendeskriprsikan pelaksanaan supervisi Kepala Sekolah terhadap kinerja guru PAI di SDN Se-Kecamatan Pomalaa . Jenis Penelitian ini adalah Kualitatif yaitu penelitian yang bermaksud memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian. Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi yang ada di sekolah SDN Se-Kecamatan Pomalaa kabupaten Kolaka. Tehnik analisis data yang digunakan adalah koleksi data, Reduksi Data, Penyajian Data, Verfikasi data dengan pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, member check,diskusi teman sejawat dan analisis kasus negatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi Kepala Sekolah terhadap kinerja guru melalaui perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan tindak lanjut telah mencapai tingkat sedang dengan ketercapaian dari 14 Kepala Sekolah SDN memperoleh 67% dan kinerja guru melalui penilaian kinerja seperti Perencanaan pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Pengelolaan nilai dan bimbingan Ekstrakurikuler, dengan tingkat keberhasilan dari 14 guru PAI mencapai 72 % atau berada pada tingkat sedang juga . Oleh karena itu pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah dapat membantu memotivasi peningkatan kinerja guru PAI yang berdampak pada peningkatan mutu pendidikan pada sekolah tersebut.Dan adapun pendukungnya adalah kesiapan guru PAI untuk disupervisi, dan sarana prasarana yang cukup memadai namun masih ada hambatan yang ditemui dalam pelaksanaanya seperti program perencanaan supervisi yang tidak sesuai dengan pelaksanaan, kompetensi Kepala Sekolah selaku supervisor belum memadai, guru PAI belum Profesional dalam pembelajaran terutama k13, Sarana dan prasarana belum lengkap dan belum terbentuk KKG PAI sedangkan solusi dari hambatan tersebut adalah Pelaksanaan Kepala Sekolah harus terjadwal, Kepala Sekolah perlu peningkatan wawasan dalam pelaksanaan supervisi melalui pelatihan, seminar, dll. Perlunya peningkatan profesionalisme guru PAI, Pengadaan sarana dan prasaran yang memadai, dan Perlunya membentuk KKG. Implikasi hasil penelitian ini dapat menjadi rujukan dan evaluasi diri bagi Kepala Sekolah dalam melaksanaan supervisi Kepala Sekolah terhadap kinerja guru PAI di SDN Kecamatan Pomalaa. Kata Kunci : Pelaksanaan supervisi Kepala Sekolah dan Kinerja Guru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Dr. H. Zulkifli Musthan, M.Si, M.Pd, dan Dr. Hj. St. Hasniyati Gani Ali, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan supervisi Kepala Sekolah dan Kinerja Guru. |
Subjects: | Kinerja Guru |
Divisions: | PASCASARJANA > Prodi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Tilman Syah . |
Date Deposited: | 07 Nov 2018 00:29 |
Last Modified: | 07 Nov 2018 00:29 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1400 |
Actions (login required)
View Item |