HERMAN, NIM. 11010103044 (2018) PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 KULISUSU UTARA KEC. KULISUSU UTARA KAB. BUTON UTARA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (781kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (863kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (771kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (838kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (760kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (762kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Herman, Nim. 11010103044, Pengembangan Mutu Pendidikan Melalui Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah Di SMA Negeri 1 Kulisusu Utara Kec. Kulisusu Utara Kab. Buton Utara, Di Bimbing Oleh: Aliwar, S.Ag., M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kepala sekolah yang memimpin dengan tegas sehinggah mengalami perkembangan kearah yang lebih baik di setiap tahunnya. Kepala sekolah di SMA Negeri 1 Kulisusu Utara Kec. Kulisusu Utara Kab. Buton Utara yang menjadi pimpinan yang mempunyai wewenang penuh terhadap sekolah sekarang ini memiliki talenta yang sangat luar biasa dengan semangatnya yang besar sehinggah pengembangan kinerja siswa, mutu kinerja guru, keefektifan kurikulum, keefisien dan keefektifan sarana dan prasarana berkembang ke arah yang lebih baik dan membuat sekolah ini beransur-ansur berkembang jika dilihat dari segi mutu pendidikan sampai sekarang ini. Pengembangan mutu pendidikan adalah kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh seluruh personil sekolah dibawah wewenang kepala sekolah dengan tujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan mutu sekolah. Sesuai dengan standar mutu pendidikan yakni kualitas kompetensi lulusan siswa, mutu kinerja guru, peningkatan kinerja staf, penerapan kurikulum dan pengembangan sarana dan prasarana. Pelaksanaan supervisi kepala sekolah adalah kegiatan yang dilakukan oleh kepala sekolah dengan cara memberikan bantuan teknis dan bimbingan terhadap aktifitas, kreatifitas dan kinerja guru dan staf untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode interview (wawancara), yang didukung oleh sumber-sumber data dari pengamatan lansung peneliti (obsevasi) dan dokumen-dokumen pendukung (dokumentasi). Sumber data selain di peroleh dari kepustakaan juga diperoleh dari hasil wawancara dengan berbagai informan yang terdiri dari kepala sekolah, wakasek kurikulum, wakasek humas, dewan guru dan staf. Data-data hasil penelitian kemudian diakumulasi dan dideskripsikan serta dianalisis berdasarkan argumentasi peneliti. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pengembangan mutu pendidikan dalam pelaksanaan supervise kepala sekolah di SMA Negeri 1 Kulisusu Utara Kec. Kulisusu Utara Kab. Buton Utara belum maksimal baik secara vertical maupun secara horizontal karena kepala sekolah sebagai superisor belum melaksanakan tugasnya dengan baik sesuai dengan indicator yang telah ditetapkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Aliwar, S.Ag., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | supervisi, supervisi pendidikan, dan mutu pendidikan |
Subjects: | Pendidikan |
Depositing User: | Tilman Syah . |
Date Deposited: | 07 Nov 2018 00:46 |
Last Modified: | 07 Nov 2018 00:46 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1402 |
Actions (login required)
View Item |