PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA GURU DI MTSN 3 KONAWE KECAMATAN LALONGGASUMEETO

HILDA FEBRIANTY JASIM, NIM. 12010103026 (2018) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA GURU DI MTSN 3 KONAWE KECAMATAN LALONGGASUMEETO. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hilda Febrianty Jasim (12010103026), Judul: Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru di MTsN 3 Konawe Kecamatan Lalonggasumeeto. (Dibimbing Oleh: Erdiyanti, S.Ag, M.Pd) Kedisiplinan kerja guru penting untuk diperhatikan karena keberhasilan pendidikan banyak berharap dari guru. Kinerja guru yang baik tidak dapat dicapai jika tidak disertai dengan ketaatan guru pada peraturan-peraturan yang berlaku dalam melaksanakan pekerjaan. Permasalahan klasik yang sering ditemui terkait kesiplinan guru diantaranya ketepatan jam pelajaran. Terkadang adakalanya guru datang terlambat ke sekolah dalam seminggu sehingga menimbulkan situasi yang kurang mendukung dalam proses pembelajaran dan kesadaran guru mengenai arti penting disiplin kerja dalam melaksanakan tugas-tugasnya juga masih rendah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepemimpinan kepala madrasah dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran guru, dan gambaran kedisiplinan guru ,serta hambatan atau kendala-kendala yang dialami kepala MTsN 3 Konawe dalam meningkatkan disiplin kerja guru di MTsN 3 Konawe Kecamatan Lalonggasumeeto. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriktif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan (observasi), wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari data tersebut dinarasikan dan ditarik kesimpulan. Subjek penelitian adalah kepala madrasah dan guru di MTsN 3 Konawe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala MTsN 3 Konawe dalam meningkatkan kedisiplinan guru dengan memberikan bimbingan dan arahan yaitu: 1. Perencanaan pembelajaran guru: Mengadakan rapat, komunikasi terbuka antara guru dan kepala madrasah; 2. Pelaksanaan pembelajaran guru: Guru membuka pembelajaran, menyajikan materi pembelajaran, metode pembelajaran, bahasa komunikatif, dan guru menutup pembelajaran; 3. Evaluasi pembelajaran guru: Mengoptimalkan peran wakil kepala madrasah, koordinasi yang intensif dengan guru, dan membentuk panitia kepengawasan. Hambatan yang ditemui dalam peningkatan kedisiplinan guru: Ketepatan waktu guru datang kesekolah masih kurang optimal, kelengkapan perangkat pembelajaran guru belum lengkap dan juga kesibukan kepala madrasah dan guru-guru akan tugas dan tanggung jawab mereka masing-masing. Solusi dari hambatan yang ditemui adalah teguran langsung, memberikan motivasi, pemotongan honor dan dilaporkan kepada pengawas Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Madrasah, Kedisiplinan Guru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Erdiyanti, S.Ag, M.Pd)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala Madrasah, Kedisiplinan Guru
Subjects: Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 07 Dec 2018 06:39
Last Modified: 07 Dec 2018 06:39
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1459

Actions (login required)

View Item View Item