PENERAPAN METODE SOSIODRAMA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA MADRASAH ALIYAH AWALUDDIN WAKURU KAB. MUNA

Ramadan, Nim. 14010101040 (2018) PENERAPAN METODE SOSIODRAMA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA MADRASAH ALIYAH AWALUDDIN WAKURU KAB. MUNA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (748kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (583kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (918kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK NAMA : Ramadan NIM : 14010101040 JUDUL : Penerapan Metode Sosiodrama Melalui Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Madrasah Aliyah Awaluddin Wakuru Kab. Muna. Melalui bimbingan ibu Erdiyanti, M.Pd Penelitian bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Akidah Akhlak siswa Madrasah Aliyah Awaluddin Wakuru kab. Muna dengan penerapan metode sosiodrama (role playing) . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan oleh peneliti di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri, dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru, sehingga motivasi dan hasil belajar siswa menjadi meningkat.dalam PTK ditekankan pada proses pelaksanaan pembelajaran yang baik dan benar, dengan harapan jika pelaksanaan pembelajaran dalam kelas itu baik dan benar maka motivasi dan hasil belajar siswa yang bersangkutan akan meningkat. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1). Motivasi belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran mulai menunjukan respon positif terhadap arahan dari guru untuk aktif dalam proses pembelajaran.(2). Hasil belajar Akidah Akhlak siswa Madrasah Aliyah Awaluddin Wakuru Kab. Muna mulai menunjukan peningkatan dari siklus I kesiklus II yaitu dengan presentase peningkatan 7,34% pada siklus I dan 9,25% pada siklus II. (3). Peningkatan motivasi belajar melalui penerapan metode sosidrama dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, hal ini meningkat dari sebelum penerapan metode sosiodrama yang memperoleh nilai 59,00 meningkat menjadi 81,00 setelah penerapan metode soiodrama, hal ini mengalami peningkatan sebesar 22,00. (4). Peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan metode sosiodrama hasil belajar akidah akhlak siswa Madrasah Aliyah Awaluddin Wakuru Kab. Muna mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, yakni mengalami peningkatan 7,34% dengan nilai rata-rata 71,44 pada siklus I dan pada siklus II mengalami penngkatan sebesar 9,25% dengan nilai rata-rata 78,05 dan telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar yang ditetapkan yaitu 75 sehingga kegiatan pembelajaran dengan penerapan metode sosiodrama (role playing) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar akidah akhlak siswa Madrasah Aliyah Awaluddin Wakuru Kab. Muna. Kata Kunci : Motivasi Dan Hasil Belajar, Metode Sosiodrama (Role Playing)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Erdiyanti, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Motivasi Dan Hasil Belajar, Metode Sosiodrama (Role Playing)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 07 Jan 2019 03:01
Last Modified: 07 Jan 2019 03:01
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1510

Actions (login required)

View Item View Item