Nursaleha, NIM. 14010101109 (2018) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN DESTINY BOARD DI MA NEGERI 1 BOMBANA KABUPATEN BOMBANA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
|
Text
COVER.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (185kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (495kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
BEBAS PUSTAKA.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (911kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK NURSALEHA, NIM. 14010101109. “ Peningkatan Prestasi Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Type Teams Games Tournament (TGT) dengan destiny board di MA Negeri 1 Bombana”, melalui bimbingan Dr. Supriyanto, M.Ag Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reserch). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif type Teams Games Tournament (TGT) dengan destiny board dapat meningkatkan prestasi belajar SKI pada siswa kelas XI IPA MA Negeri 1 Bombana. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam melalui model pembelajaraan kooperatif type Teams Games Tournament (TGT) dengan destiny board penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas XI IPA MA Negeri 1 Bombana dengan jumlah 22 orang pada tahun ajaran 2018/2019 Prosedur penelitian yang dilaksanakan melalui prosedur perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Pada setiap siklus data hasil observasi aktivitas guru dan siswa, hasil tes siswa serta dokumen yang berkaitan dengan fokus penelitian ini. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif type Teams Games Tournament (TGT) dengan destiny board mengalami peningkatan dari tes awal, ke siklus I dan ke siklus II. Pada tes awal sebanyak 40,90% siswa mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 69, 68. Setelah dilakukan tindakan siklus I ketuntasan belajar siswa mencapai 63,63% dengan nilai rata-rata 74,18. Sedangkan hasil akhir siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 86,63% dengan nilai rata-rata 83,68. Dari tes awal ke siklus I terjadi peningkatan prestasi belajar sebesar 6,45%%, dan dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan nilai prestasi belajar sebesar 12, 8%. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif type Teams Games Tournament (TGT) dengan destiny board dapat meningkatkan prestasi belajar. Kata Kunci : Kooperatif Type Teams Games Tournament (TGT), Destiny Board, Prestasi Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Dr. Supriyanto, M.Ag |
Uncontrolled Keywords: | Kooperatif Type Teams Games Tournament (TGT), Destiny Board, Prestasi Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam |
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tilman Syah . |
Date Deposited: | 10 Jan 2019 01:37 |
Last Modified: | 10 Jan 2019 01:37 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1522 |
Actions (login required)
View Item |