MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA SD NEGERI 12 ABELI KOTA KENDARI

NURSAN, NIM. 14010101094 (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA SD NEGERI 12 ABELI KOTA KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (563kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (826kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK NURSAN, NIM. 14010101094. “Meningkatkan Hasil Belajar Pai Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa SD Negeri 12 Abeli Kota Kendari”, melalui bimbingan Dr. H. Moh. Yahya Obaid, M.Ag . Penelitian Ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reserch). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) Dengan Menggunakan Media Gambar dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas IV SD Negeri 12 Abeli Kota Kendari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam melalui model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dengan Menggunakan Media Gambar. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IV SD Negeri 12 Abeli Kota Kendari dengan jumlah siswa 20 orang pada tahun ajaran 2017/2018. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Sumber data adalah data primer yakni guru dan siswa dan data sekunder yakni data kepustakaan yang berkaitan dengan objek penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, tes pada tiap siklusnya serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan berdasarkan hasil tes yang diberikan. Tes pra siklus menunjukkan rata-rata nilai yang diperoleh siswa 63,5 dengan persentase 35 %. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 71,5 dengan persentase 60% dan pada siklus II nilai rata-rata 81,5 dengan persentase 90%. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) Dengan Menggunakan Media Gambar dapat meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci: Numbered Head Together (NHT), Media Gambar, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Moh. Yahya Obaid, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Numbered Head Together (NHT), Media Gambar, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 10 Jan 2019 02:14
Last Modified: 10 Jan 2019 02:14
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1523

Actions (login required)

View Item View Item