PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DI SMA NEGERI 6 KENDARI

HASAN BASRI, NIM. 14010101046 (2018) PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DI SMA NEGERI 6 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (151kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (848kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hasan Basri Nim. 14010101046 “ Peningakatan Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Menggunakan Media Video di SMA Negeri 6 Kendari” Dibimbing oleh Dr. Abdul Kadir P, M.Pd Penelitian ini diawali oleh masalah yakni rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa di SMA Negeri 6 Kendari. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar PAI kelas XI IPS 2 SMA Negeri 6 Kendari melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan media video, 2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PAI kelas XI IPS 2 SMA Negeri 6 Kendari melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan media video. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian ini meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, tes, observasi dan dokumentasi . Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yaitu menghitung pencapaian motivasi dan ketuntasan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ditentukan bahwa ; 1) motivasi belajar Pendidikan Agama Islam saat kondisi awal termasuk dalam kriteria sedang yakni rata-rata 61,11 dan setelah dilaksanakan penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan media video pada siklus I maka rata-rata nilai motivasi belajar PAI siswa mencapai 76,19 dengan terjadinya peningkatan sebesar 24,67% termasuk dalam kriteria tinggi. Pada siklus II rata-rata nilai motivasi belajar siswa mencapai 82,25 dalam kriteria sangat tinggi dengan peningkatan dari pra siklus sampai dengan siklus II sebesar 34,59%. 2) hasil belajar siswa pada kondisi awal pra siklus mencapai 71,52%, siklus I mencapai 81,00%, siklus II mencapai 82,89% dan peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke siklus II mencapai 50%. Melihat motivasi dan hasil belajar siswa yang meningkat pada setiap siklusnya dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan media video dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 6 Kendari. Kata Kunci :Motivasi, Hasil belajar, Pendidikan Agama Islam, Problem Based Learning, Media Video

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Abdul Kadir P, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Hasil belajar, Pendidikan Agama Islam, Problem Based Learning, Media Video
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 21 Jan 2019 03:00
Last Modified: 21 Jan 2019 03:00
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1533

Actions (login required)

View Item View Item