MANAJEMEN LINGKUNGAN DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH ADIWIYATA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 18 BARUGA KOTA KENDARI

MUH. ALFIAN SUKRON, NIM: 14010103058 (2018) MANAJEMEN LINGKUNGAN DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH ADIWIYATA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 18 BARUGA KOTA KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (148kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muhammad Alfian Sukron, Nim. 14010103058. “Manajemen Lingkungan Dalam Mewujudkan Sekolah Adiwiyata Di Sekolah Dasar Negeri (SDN)18 Baruga Kota Kendari”. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan melalui bimbingan bapak Jumardin La Fua, S.Si.,M.Si. Penelitian tentang manajemen lingkungan telah dilakukan di SDN 18 Baruga kota Kendari. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menganalisis perencanaan pengelolaan lingkungan di SDN 18 Baruga. (2) untuk menganalisis pengorganisasian pengelolaan lingkungan di SDN 18 Baruga. (3) untuk menganalisis pelaksanaan pengelolaan lingkungan di SDN 18 Baruga. (4) untuk menganalisis pengawasan pengelolaan lingkungan di SDN 18 Baruga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan penelitian ini adalah tim Adiwiyata sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru mata pelajaran pendidikan lingkungan hidup, karyawan, dan siswa. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik untuk menguji keabsahan data digunakan teknik triangulasi metode, triangulasi waktu, dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pengelolaan di SDN 18 Baruga kota Kendari dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu observasi lingkungan, analisis kebutuhan, penetapan tujuan yang dirumuskan dalam visi dan misi sekolah, serta penetapan rencana. (2) pengorganisasian dilakukan dengan menetapkan individu dalam kelompok tugas pengelolaan lingkungan sesuai dengan dokumen Adiwiyata yaitu kebijakan berwawasan lingkungan, kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan berbasis partisipatif, dan pengelolaan sarana prasarana pendukung ramah lingkungan. (3) dalam pelaksanaanya sekolah membuat kegiatan indoor dan outdoor untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam pengelolaan lingkungan. Kegiatan indoor dan outdoor mencakup empat dokumen Adiwiyata yaitu kebijakan berwawasan lingkungan, kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan berbasis partisipatif, dan pengelolaan sarana prasarana pendukung ramah lingkungan. (4) untuk memantau pelaksanaan pencapaian tujuan, sekolah melakukan kerjasama dengan beberapa instansi terkait seperti: Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Puskesmas, Badan Lingkungan Hidup (BLH), dan beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang ada di kota Kendari. Kata kunci: Manajemen, Lingkungan, Adiwiyata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Jumardin La Fua, S.Si.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Lingkungan, Adiwiyata
Subjects: Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 23 Jan 2019 00:51
Last Modified: 23 Jan 2019 00:51
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1546

Actions (login required)

View Item View Item