ARIS BASUKI, NIM. 11010101062 (2015) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI PERILAKU MENYIMPANG PADA SISWA DI SMA NEGERI 8 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
Text
COVER.docx Download (71kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (32kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (61kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (25kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (16kB) |
|
Text
LAMPIRAN.docx Download (14kB) |
Abstract
ABSTRAK ARIS BASUKI, NIM. 11010101062, “Peran Guru Pendididikan Agama Islam Dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang Pada Siswa (Studi Pada SMA Negeri 8 Kendari Kecaatan Abeli).” Program Studi Pendidikan Agama Islam melalui bimbingan Dr.Muhammd Alifudin,M.Ag dan Samrin, M.Pd.I Fokus masalah yang akan dijawab dalam skripsi ini adalah prilaku menyimpang pada siswa yang menjadi salah satu masalah yang sering kali kita lihat dalam dunia pendidikan sekarang ini diantaranya:1). Bagaimana bentuk prilakuku menyimpang yang umum terjadi pada siswa SMAN 8 Kendari? 2). Hal-hal apa saja yang menjadi penyebab terjadinya prilaku menyimpang di SMAN 8 Kendari? 3). Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi prilaku menyimpang pada siswa di SMAN 8 Kendari? Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bentuk-bentuk penyimpangan moralitas siswa, faktor pendukung dan penghambat guru dalam membina siswa, pelaksanaan guru PAI dalam membina siswa, dan bentuk perubahan sikap serta moral siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Lokasi penelitian di Sekolah Menengah atas Negeri 8 Kendari kecamatan Abeli. Subjek penelitian ini adalah fenomena perilaku menyimpang yang dilakukan oleh siswa-siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Kendari Kecamatan Abeli. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Bentuk-bentuk penyimpangan siswa-siswi di SMA Negeri 8 Kendari Kecmatan Abeli ialah membolos, merokok, berkata kotor, perkelahian antar teman dan. Penanganan guru guru PAI dan guru BK adalah dengan membina melalui pelajaran dikelas secara klasikal, namun jika ada siswa yang kurang bisa menerima dilakukan pembinaan secara mandiri setelah pulang sekolah. Pola yang dilakukan guru PAI dan guru BK menggunakan dua pola yaitu dengan pola preventif dan represif.faktor yang mendukung yang ada didalam kehidupan siswa seperti faktor pribadi, keluarga, komunitas masyarakat dan lain sebagainya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Dr.Muhammd Alifudin,M.Ag dan Samrin, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Guru, Pendididikan Agama Islam, Perilaku Menyimpang da siswa |
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tilman Syah . |
Date Deposited: | 30 Jan 2019 06:38 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 06:38 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1577 |
Actions (login required)
View Item |