PENERAPAN METODE READING GUIDE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTsN1 KONAWE KEPULAUAN

IHSAN, NIM : 11 010101 127 (2018) PENERAPAN METODE READING GUIDE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTsN1 KONAWE KEPULAUAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (29kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ihsan.11 010101 127.“Penerapan Metode Reading Guide Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas VIII MTsN 1 Konawe Kepulauan”.Melalui bimbingan Bapak Dr. H. Nur Alim, M.Pd. dan Ibu St. Aisyah Mu’min, S.Ag. M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah rendahnya penguasaan siswa pada materi pelajaran SKI, yang dibuktikan dengan rendahnya pencapaian hasil belajar. Diantara faktor yang ditengarai sebagai akar masalahnya adalah metode mengajar guru yang tidak berkembang dan cenderung menempatkan siswa sebagai objek belajar yang pasif. Karena itu, penerapan metode reading guide dipandang sebagai salah satu alternatif metode mengajar yang relevan untuk memecahkan masalah tersebut. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode reading guide dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di Kelas VIII MTs Negeri 1 Konawe Kepulauan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reserch).Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Konawe Kepulauan. Prosedur penelitian menggunakan teknik pengkajian berdaur sebanyak dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembaran observasi dan instrumentes. Hasil observasi dianalisis secara naratif deskriptif sedangkan pengukuran hasil belajar siswa menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode reading guide dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di kelas VIII MTs Negeri 1 Konawe Kepulauan.Hal itu dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang terus mengalami peningkatan dari satu siklus ke siklus berikutnya. Dari hasil evaluasi pra tindakan diketahui nilai rata-rata kelas sebesar 68,73 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 59,09%. Setelah tindakan siklus I, hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata sebesar 71,68 dan persentase ketuntasan sebesar 72,73%. Mengingat persentase ketuntasan belajar siswa belum memenuhi indikator kinerja sehingga penelitian dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II, hasil belajar siswa mengalami peningkatan dilihat dari nilai rata-rata kelas yang mencapai 76,95 dan persentase ketuntasan sebesar 90,91%. Persentase ketuntasan belajar tersebut telah melampaui indikator kinerja yang mensyaratkan “75% dari siswa mengalami ketuntasan belajar”. Dengan pencapaian tersebut berarti hipotesis tindakan telah dibuktikan, artinya penerapan metodereading guide berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di kelas VIII MTs Negeri 1 Konawe Kepulauan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Nur Alim, M.Pd. dan St. Aisyah Mu’min, S.Ag. M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Reading Guide, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 30 Jan 2019 07:01
Last Modified: 30 Jan 2019 07:01
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1581

Actions (login required)

View Item View Item