MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 MUNA

JABUR, NIM. 16040201022 (2018) MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 MUNA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (73kB) | Preview

Abstract

MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 MUNA ABSTRAK Manajemen pendidikan dalam hal ini manajemen sekolah diartikan sebagai proses pendayagunaan sumber daya sekolah melalui kegiatan fungsifungsi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian secara lebih efektif dan efisien dengan segala aspeknya dengan menggunakan semua potensi yang tersedia agar tercapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien serta produktivitas sekolah yang bermutu. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif dan mengambil lokasi penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Muna. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data dengan menggunakan deskriptif naratif, dan menggunakan tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Manajemen peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Muna tidak terlepas dari peran kepala madrasah baik sebagai edukator, manajer, administrator, leader, supervisor, wirausaha, yang didalamnya terdapat kemampuan manajerial meliputi: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan penilaian terhadap tenaga pendidik dan kependidikan, (2) Hasil manajemen peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Muna belum sepenuhnya efektif, oleh karena itu peran pemerintah, khususnya kementerian agama dan kepala madrasah sebagai political will perlu dimaksimalkan (3) Faktor pendukung dalam peningkatan mutu pendidikan di MTsN 4 Muna adalah tenaga pendidik yang mengajar di madrasah sebagian besar berkualifikasi S1 dan S2, program dan pembagian tugas yang jelas, sarana prasarana yang mendukung kegiatan pembelajaran, iklim madrasah yang kondusif serta dukungan yang besar dari pemeritah Kabupaten Muna terkhusus Kementerian Agama Kabupaten Muna. Sedangkan faktor penghambat dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN 4 Muna adalah masih rendahnya motivasibelajar siswa, sumber daya para pegawai sebagai tenaga kependidikan belum maksimal, masih rendahnya tingkat kedisplinan guru dan ketersediaan dana madrasah masih kurang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. St. Hasniyati Gani Ali, M.Pd
Uncontrolled Keywords: MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 31 Jan 2019 07:23
Last Modified: 31 Jan 2019 07:23
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1592

Actions (login required)

View Item View Item