KREATIVITAS PENDIDIK DI LEMBAGA PAUD

La Ode Anhusadar

Abstract


Kreativitas  anak  usia  dini  dapat  diupayakan  melalui  permainan  yang dirancang  oleh  pendidik  di lembaga PAUD, karena  dengan  permainan  anak  dapat  mengembangkan  serta mengintergrasikan semua potensinya, sehinga mereka lebih kreatif. Peran Pendidik dalam kegiatan permainan anak adalah memberikan dorongan, membimbing bermain bagi anak dan membantu anak mengembangkan potensinya, sehingga mereka menjadi anak yang kreatif. Pendidikan Anak Usia Dini (Early childhood education) adalah pendidikan yang ditujukan bagi  anak-anak  usia  prasekolah  dengan  tujuan  agar  anak  dapat  mengembangkan  potensi-potensinya sejak dini sehingga mereka dapat berkembang secara wajar sebagai anak. Tujuan dari Early childhood education adalah agar anak memperoleh  rangsangan-rangsangan  intelektual, sosial, dan emosional sesuai dengan tingkat usianya. Lembaga penyelenggara Pendidikan Anak Usia Dini yang formal diantaranya: tempat penitipan  anak (child  care), kelompok bermain (play  group), taman kanak-kanak (TK). Penyelengeraan ini bersifat formal, sehingga perlu adanya kurikulum yang memiliki muatan tujuan dari  Pendidikan  Anak  Usia  Dini. Kurikulum yang dikembangkan seyogianya dapat mengakomodasi tujuan dari Pendidikan Anak Usia Dini, sehingga dapat mengembangkan potensi anak sejak dini dan berkembang secara wajar sebagai anak.

 

Kata Kunci: Pendidikan Anak Usia Dini, Lembaga PAUD dan Kreativitas

Full Text:

PDF

References


Anderson, J. (1993). Quality in Early Childhood Education. New York : The

Danish National Federation of Early Childhood and Youth

Education.

Books.Hurlock, Elizabeth B. (1980) .Psikologi Perkembangan. Jakarta:

Erlangga

Carr, Stephen. (1992) .Public Space.Cambridge Univercity Press.

Champan, David. (1996) .Exterior Design in Architecture Landsecape.Van

Nostrand Reinhold Company. New York.

Conny R. Semiawan. (1999) .Dimensi Kreatif dalam Filsafat Ilmu. Bandung:

Remaja Rosda

Curtis, A. (1998). A Curriculum for the Preschool Child : Learning to Lern.

USA and Canada :NFR - Nelson.

Dariyo, Agus .(2007) .Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama.

Bandung: Rafika Aditama.

-------------------. (2000) .Proses Kreasi, Apresiasi, Belajar. ITB : Ganesha.

Departemen Pendidikan Nasional .(2004) .Kurikulum 2004 Standar

Kompetensi TK dan RA.Jakarta.

Departemen Pendidikan Nasional.(2000). Permainan, Membaca dan Menulis

di Taman Kanak -Kanak.Jakarta : Depdiknas.

Eliason, C. dan Jenkins, L. (1994).Practical Guide to Early Childhood

Curriculum. New York :Merril Print of MacMillan College.

Gehl, John. (1980) .Fundamentals of Creative Thinking.Lexington MA

:Lexington

Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan anak jilid 1 (Edisi 6).Jakara : Erlangga

Rusni, Rusni. "Fenomena Kekerasan Seksual Terhadap Anak." Shautut Tarbiyah 35.2 (2017): 51-68.

Imam, Musbikin.(2010). BukuPintarPaud. Laksana,Transmedia.

Jamaris, Martini. (2006) .Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia

Taman Kanak -Kanak . Jakarta: Grasindo

Jamilah, Martini. (2010). Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: GP

Press

Joyce, B. dan Weil, M. (1980). Models of Teaching. New Jersey : Prentice/Hall

International, Inc.

Primadi, Tabrani. (1970). Menemukan kembali Kreativitas.Thesis ITB

Mafiroh, Tadkiroatun. (2008). Cerdas Melalui Bermain (Cara Mengasah

Multiple Intelligence Pada Anak Usia Dini). Jakarta: Grasindo.

Nurani Sujiono. Yuliani.Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:

PT. Indeks

Permana, Yudi. Pengaruh pemanfaatan ruang terbuka dalam menunjang

kreativitas anak di kawasan kampung kota studi kasus bantaran

sungai Cikapundung. Thesis Magister.Institut Teknologi Bandung.

Rohde, B., et al. (1991). Teaching Young Children Using Theme. New York :

God Year.

Roopnaire, J.L. dan Johnson, J.E. (1993).Approach to Early Childhood

Education. New York :MacMillan Publishing.

Santrock, Jhon W. (2007). Perkembangan Anak .Jakarta: Erlangga. Edisi 1

Sugianto, Mayke T. (1997). Bermain, Mainan dan Permainan.Jakarta :

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Supriadi, Dedi. (2002). Isue-isue tentang Pendidikan Anak Usia Dini (Di

Indonesia).Bandung :Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas

Pendidikan Indonesia.

Utami S.C. Munandar. (1984). Pertanyaan Pelik Mengenai Kreativitas.

Intisari.Desember 1984

----------------------------. (1999).Pengembangan Kreativitas Anak

Berbakat.Jakarta: Rineka Cipta.

Undang- Undang Republik Indonesia no 23 tahun 2002. (2007) .Tentang

Perlindungan Anak.Bandung :Fokusmedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Al-Ta'dib