KREATIVITAS PENDIDIK DI LEMBAGA PAUD
Abstract
Kreativitas anak usia dini dapat diupayakan melalui permainan yang dirancang oleh pendidik di lembaga PAUD, karena dengan permainan anak dapat mengembangkan serta mengintergrasikan semua potensinya, sehinga mereka lebih kreatif. Peran Pendidik dalam kegiatan permainan anak adalah memberikan dorongan, membimbing bermain bagi anak dan membantu anak mengembangkan potensinya, sehingga mereka menjadi anak yang kreatif. Pendidikan Anak Usia Dini (Early childhood education) adalah pendidikan yang ditujukan bagi anak-anak usia prasekolah dengan tujuan agar anak dapat mengembangkan potensi-potensinya sejak dini sehingga mereka dapat berkembang secara wajar sebagai anak. Tujuan dari Early childhood education adalah agar anak memperoleh rangsangan-rangsangan intelektual, sosial, dan emosional sesuai dengan tingkat usianya. Lembaga penyelenggara Pendidikan Anak Usia Dini yang formal diantaranya: tempat penitipan anak (child care), kelompok bermain (play group), taman kanak-kanak (TK). Penyelengeraan ini bersifat formal, sehingga perlu adanya kurikulum yang memiliki muatan tujuan dari Pendidikan Anak Usia Dini. Kurikulum yang dikembangkan seyogianya dapat mengakomodasi tujuan dari Pendidikan Anak Usia Dini, sehingga dapat mengembangkan potensi anak sejak dini dan berkembang secara wajar sebagai anak.
Kata Kunci: Pendidikan Anak Usia Dini, Lembaga PAUD dan Kreativitas
Full Text:
PDFReferences
Anderson, J. (1993). Quality in Early Childhood Education. New York : The
Danish National Federation of Early Childhood and Youth
Education.
Books.Hurlock, Elizabeth B. (1980) .Psikologi Perkembangan. Jakarta:
Erlangga
Carr, Stephen. (1992) .Public Space.Cambridge Univercity Press.
Champan, David. (1996) .Exterior Design in Architecture Landsecape.Van
Nostrand Reinhold Company. New York.
Conny R. Semiawan. (1999) .Dimensi Kreatif dalam Filsafat Ilmu. Bandung:
Remaja Rosda
Curtis, A. (1998). A Curriculum for the Preschool Child : Learning to Lern.
USA and Canada :NFR - Nelson.
Dariyo, Agus .(2007) .Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama.
Bandung: Rafika Aditama.
-------------------. (2000) .Proses Kreasi, Apresiasi, Belajar. ITB : Ganesha.
Departemen Pendidikan Nasional .(2004) .Kurikulum 2004 Standar
Kompetensi TK dan RA.Jakarta.
Departemen Pendidikan Nasional.(2000). Permainan, Membaca dan Menulis
di Taman Kanak -Kanak.Jakarta : Depdiknas.
Eliason, C. dan Jenkins, L. (1994).Practical Guide to Early Childhood
Curriculum. New York :Merril Print of MacMillan College.
Gehl, John. (1980) .Fundamentals of Creative Thinking.Lexington MA
:Lexington
Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan anak jilid 1 (Edisi 6).Jakara : Erlangga
Rusni, Rusni. "Fenomena Kekerasan Seksual Terhadap Anak." Shautut Tarbiyah 35.2 (2017): 51-68.
Imam, Musbikin.(2010). BukuPintarPaud. Laksana,Transmedia.
Jamaris, Martini. (2006) .Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia
Taman Kanak -Kanak . Jakarta: Grasindo
Jamilah, Martini. (2010). Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: GP
Press
Joyce, B. dan Weil, M. (1980). Models of Teaching. New Jersey : Prentice/Hall
International, Inc.
Primadi, Tabrani. (1970). Menemukan kembali Kreativitas.Thesis ITB
Mafiroh, Tadkiroatun. (2008). Cerdas Melalui Bermain (Cara Mengasah
Multiple Intelligence Pada Anak Usia Dini). Jakarta: Grasindo.
Nurani Sujiono. Yuliani.Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:
PT. Indeks
Permana, Yudi. Pengaruh pemanfaatan ruang terbuka dalam menunjang
kreativitas anak di kawasan kampung kota studi kasus bantaran
sungai Cikapundung. Thesis Magister.Institut Teknologi Bandung.
Rohde, B., et al. (1991). Teaching Young Children Using Theme. New York :
God Year.
Roopnaire, J.L. dan Johnson, J.E. (1993).Approach to Early Childhood
Education. New York :MacMillan Publishing.
Santrock, Jhon W. (2007). Perkembangan Anak .Jakarta: Erlangga. Edisi 1
Sugianto, Mayke T. (1997). Bermain, Mainan dan Permainan.Jakarta :
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Supriadi, Dedi. (2002). Isue-isue tentang Pendidikan Anak Usia Dini (Di
Indonesia).Bandung :Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
Pendidikan Indonesia.
Utami S.C. Munandar. (1984). Pertanyaan Pelik Mengenai Kreativitas.
Intisari.Desember 1984
----------------------------. (1999).Pengembangan Kreativitas Anak
Berbakat.Jakarta: Rineka Cipta.
Undang- Undang Republik Indonesia no 23 tahun 2002. (2007) .Tentang
Perlindungan Anak.Bandung :Fokusmedia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Al-Ta'dib