MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP MENENTUKAN VOLUM BANGUN RUANG MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA KUBUS SATUAN DI SD NEGERI BUGI SORAWOLIO KOTA BAU-BAU

B A S R I, NIM. 2014010101011 (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP MENENTUKAN VOLUM BANGUN RUANG MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA KUBUS SATUAN DI SD NEGERI BUGI SORAWOLIO KOTA BAU-BAU. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (871kB)

Abstract

ABSTRAK Basri, 2016, FTIK, Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Alat Peraga Kubus Satuan pada Siswa Kelas V SDN Bugi Kecamatan Sorawolio Kota Bau-Bau. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Bugi Kecamatan Sorawolio Kota Bau-bau dalam menentukan volum bangun ruang (balok dan kubus) melalui penggunaan alat peraga kubus satuan. Manfaat penelitian ini bagi siswa adalah meningkatnya hasil belajar pokok bahasan menentukan volum bangun ruang, bagi guru meningkatnya kualitas pembelajaran dan bagis ekolah dapat memberikan kontribusi yang positif bagi upaya peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan selama tiga siklus, metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan pengamatan dan tes. Subyek penelitian adalah siswa kelas V, indikator keberhasilan penelitian ini adalah apabila siswa memperoleh nilai minimal 65 secara individu dan ketercapaian klasiskal mencapai 85%. Hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Bugi Kecamatan Sorawolio Kota Bau-Bau pada konsep Menentukan Volume Bangun dan Ruang dapat ditingkatkan melalui penggunaan alat praga balok dan kubus. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa setelah tindakan penelitian dilakukan, dimana rata-rata perolehan siswa pra penelitian (skor awal) sebesar 67,82 dengan ketuntasan belajar 63,64%, kemudian setelah tindakan siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 73,73 dengan ketuntasan belajar mencapai 77,27%, dan pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan yang lebih signifikan dari siklus sebelumnya rata-rata kelas mencapai 78,32 dengan ketuntasan belajar mencapai 86,36% (KKM telah terpenuhi), Peningkatan hasil belajar siswa pada setiap pelaksanaan tindakan membuktikan bahwa penggunaan alat praga balok dan kubus dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang studi matematika di kelas V SD Negeri Bugi Kecamatan Sorawolio Kota Bau-

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. St Kuraedah
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR,VOLUM BANGUN RUANG, PENGGUNAAN ALAT PERAGA KUBUS SATUAN
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 14 Sep 2017 07:37
Last Modified: 14 Sep 2017 07:37
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/165

Actions (login required)

View Item View Item