MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKANAGAMA ISLAM MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM SISWA KELAS VI SDN 51 MULAENO BOMBANA

H A J R A, KL. 14010101017 (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKANAGAMA ISLAM MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM SISWA KELAS VI SDN 51 MULAENO BOMBANA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (998kB)

Abstract

ABSTRAK Hajra, NIM. 14010101017, Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM Siswa Kelas VI SDN 51 Mulaeno Bombana (Di Bimbing Oleh: La Hadisi, S.Ag., M.Pd.I) Penelitian ini dilakukan berdasarkan fakta yang terjadi di kelas VI SDN 51 Mulaeno Bombana.Penelitian bertujuan untuk mengungkap permasalahan tentangapakah penerapan pembelajaran model PAIKEM dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa kelas VI SDN 51 Mulaeno Bombana. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (action research) .Adapun faktor yang diteliti yaitu guru, anak didik dan sumber pelajaran.Langkah-langkah penelitian dilakukan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Kegiatan tersebut dilakukan pada siklus I dan II.Sedangkan tehnik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan rumus mean dan persentase. Sedangkan pengelolaan data ditempuh dengan analisis hasil refleksidari prasiklus siklus I dan II dengan indikator kerja keberhasilan mencapai kategori nilai 70 dalam hal ini murid dinyatakan mencapai keberhasilan belajar secara perorangan, dan dikatakan telah mencapai keberhasilan belajar secara klasikal apabila murid telah mendapatkan keberhasilan dengan kategori80% dari jumlah siswa yang ada. Berdasarkan kondisi di lapangan, maka diperoleh hasil penelitian yaitu (1) pada kegiatan prasiklus diperoleh nilai ketuntasan mencapai 14,2%. (2) Melaluipendekatan pembelajaran PAIKEM terjadi perubahan positif yang diketahui dari perolehan nilai hasil evaluasi pada siklus Imenunjukkan nilai persentase ketuntasan mencapai57,1%. Sedangkan tindakansiklus II diperoleh nilai persentase ketuntasan sebesar 100%. Secara klasikal perolehan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siklus II dikategorikan tuntas dikarenakan nilai 100 %≥dari based lineketuntasan klasikal yang ditetapkan sekolah. (3)Secara persentase peningkatan hasil belajar siswa pada pelaksanaan tidakan dari prasiklus kesiklus II sebesar30,30%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: La Hadisi, S.Ag., M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, PAIKEM
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 15 Sep 2017 06:12
Last Modified: 15 Sep 2017 06:12
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/170

Actions (login required)

View Item View Item