PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE THE POWER OF TWO PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 07 LAEYA KABUPATEN KONAWE SELATAN Oleh HARTATI NIM. 140101011009

HARTATI, NIM. 140101011009 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE THE POWER OF TWO PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 07 LAEYA KABUPATEN KONAWE SELATAN Oleh HARTATI NIM. 140101011009. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (410kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (811kB)

Abstract

ABSTRAK Hartati, NIM. 140101011009, Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam melalui Metode The Power Of Two Siswa Kelas IV SDN 07 Laeya Kecamatan Laeya Kabupaten Konawe Selatan (Dibimbing oleh Dra. Hj. Marlina Gazali, M.Pd.I.). Peningkatan hasil belajar PAI melaui metode The Power Of Two Siswa Kelas IV SDN 07 Laeya Kecamatan Laeya Kabupaten Konawe Selatan sebagai salah satu karya ilmiah bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PAI melalui metode The Power of Two pada siswa Kelas IV SD Negeri 07 Laeya Kabupaten Konawe Selatan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan prosedur pelaksanaan penelitian terdiri dari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) evaluasi, (5) refleksi yang dilaksanakan SD Negeri 07 Laeya Kabupaten Konawe Selatan pada tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 24 orang. Instrumen penelitian dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes hasil belajar. Sedangkan teknik analisis data dilakuukan secara deskriptif, yaitu; menghitung nilai rata-rata, persentase ketuntasan dan peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar Pendidikan Agama Islam pokok bahasan Malaikat dan Tugasnya dapat ditingkatkan melalui metode The Power of Two pada siswa kelas IV SD Negeri 07 Laeya Kabupaten Konawe Selatan. Hal ini dapat dilihat pada peningkatan persentase jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 69,58 dengan ketuntasan belajar mencapai 66,67%, dan pada siklus II hasil belajar siswa diperoleh 80,33 dengan ketuntasan belajar mencapai 95,83%. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa secara keseluruhan mulai dari skor awal sebelum tindakan sampai pada siklus II (setelah tindakan) persentase peningkatan mencapai 26,50%. Dengan demikian, bahwa secara umum hasil belajar dapat ditingkatkan melalui penerapan metode The Power of Two pada siswa kelas IV SD Negeri 07 Laeya Kabupaten Konawe Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Marlina Gazali, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, THE POWER OF TWO
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 15 Sep 2017 06:19
Last Modified: 15 Sep 2017 06:19
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/171

Actions (login required)

View Item View Item