ANALISIS PENYELESAIAN WANPRESTASI AKAD PRODUK MURABAHAH PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI (BSM) KANTOR CABANG KENDARI

Sudirman M., S (2019) ANALISIS PENYELESAIAN WANPRESTASI AKAD PRODUK MURABAHAH PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI (BSM) KANTOR CABANG KENDARI. Masters thesis, IAN KENDARI.

[img]
Preview
Text
SAMPUL.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN ORISINAL.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK IND.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK ING.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK AR.pdf

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (328kB) | Preview

Abstract

ANALISIS PENYELESAIAN WANPRESTASI AKAD PRODUK MURABAHAH PADA PT BANK SYARIAH MANDIRI (BSM) KANTOR CABANG KENDARI ABSTRAK Murabahah adalah bentuk jual beli barang dengan tambahan harga atas harga pembelian yang pertama secara jujur, akad jual beli (murabahah) dimana penjual menyebutkan harga beli barang yang akan dijual kepada pembeli dan penjual mensyaratkan laba atas penjualan dalam jumlah tertentu yang disepakati, Karenanya dalam murabahah terdapat adanya keuntungan (margin) yang disepakati yang dituangkan dalam akad. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk memperoleh informasi kondisi obyektif wanprestasi pada PT. Bank Syariah Mandiri (BSM) Kantor Cabang Kendari, menganalisis faktor-faktor penyebab wanprestasi dan mekanisme penyelesaian wanprestasi, teknik pengumpulan data yaitu kepustakaan, Penelitian lapangan meliputi observasi, sampel, interview dan dokumentasi, sumber data adalah portofolio pembiayaan akhir tahun 2018, akad murabahah wanprestasi, adapun populasi/sample adalah pegawai/karyawan PT Bank Syariah Mandiri (BSM) Kantor Cabang Kendari. Analisis data atas tiga tahapan penting, yakni reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan atau verifikasi data. Hasil penlitian ini menemukan bahwa kondisi obyektif wanprestasi di PT. Bank Syariah Mandiri (BSM) Kantor Cabang Kendari berdasarkan portofolio pembiayaan per 31 Desember 2018 sebesar 1,07% dari total pembiayaan sejumlah Rp 249.054.974.076, = Rp 2.664.888.888 dan terhadap produk Akad Murabahah sebesar 0,5 %, dari total pembiayaan sejumlah Rp 224.982.969.559., = Rp 1.124.915.555, hal ini bersifat fluktuatif. Faktor-faktor penyebab wanprestasi terbagi dua, pertama faktor internal yaitu margin yang tinggi, dan perhitungan margin yang baku, kedua, faktor eksternal yaitu bad karakter (karakter yang buruk) dan kemampuan pembayaran menurun. Penyelesaian wanprestasi pada PT Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Kendari umumnya diselesaiakan secara internal yaitu restrukturisasi dan eksekusi agunan nasabah dan tidak menutup memungkinkan wanprestasi diselesaikan secara litigasi di lembaga peradilan agama. ANALYSIS OF COMPLETION OF THE WANPRESTATION OF MURABAHAH PRODUCT AKAD IN PT BANK SYARIAH MANDIRI (BSM) OFFICE OF KENDARI BRANCH. ABSTRACT Murabahah is a form of sale and purchase of goods with an additional price for the first purchase price honestly, a sale and purchase contract (murabahah) where the seller mentions the purchase price of goods sold to the buyer and seller. there is an agreed margin which is stated in the contract. This research is qualitative research which aims to obtain information on the objective conditions of default at PT. Bank Syariah Mandiri (BSM) Kendari Branch Office, analyzes the causes of default and mechanism for default settlement, data collection techniques, namely literature, field research includes observation, samples, interviews and documentation, the data source is the end of 2018 financing portfolio, default contract murabahah , as for the population / sample are employees / employees of PT Bank Syariah Mandiri (BSM) Kendari Branch Office. Data analysis of three important stages, namely data reduction, data presentation and conclusion and / or data verification. The results of this study found that the objective conditions of default at PT. Bank Syariah Mandiri (BSM) Kendari Branch Office based on the financing portfolio as of December 31, 2018 amounting to 1.07% of the total financing amounting to Rp 249,054,974,076, = Rp 2,664,888,888 and for Murabahah Akad products of 0.5%, of the total financing amount Rp 224,982,969,559. = Rp. 1,124,915,555, this is fluctuating. The causes of default are divided into two, first internal factors, namely high margins, and calculation of standard margins, second, external factors, namely bad character (bad character) and decreased payment ability. Generally, the default settlement of PT Bank Syariah Mandiri (BSM) Branch Kendari is settled internally, namely the restructuring and execution of customer collateral and does not close down allowing defaults to be resolved by litigation in the Religious court. عزف ةتنٍ يرذْم (BSM) يزٌذّاٍ اٌ زٍس حٌر٘س لْت ًف داقػ شتزٍ ذتٍْ ذٌززت هاَتما وٍيضت صخل م لا ءازش زؼس هٗلأ ًفاضإ زؼست غئاضثىا ءازشٗ غٍت هانشأ ٍِ ونش ًٕ حضتازَىا يزتشَيى حػاثَىا غئاضثىا ءازش زؼس غئاثىا زمذٌ جٍص )حضتازَىا( ءازشٗ غٍت ذقػ ، قذصت ذقؼىا ًف درٗ ٍٔيػ كفتٍ شٍإ كإْ .غئاثىاٗ ًػْ٘ىا جضثىا ٕ٘ جضثىا اذٕ طٗزشىا ه٘ص خاٍ٘يؼٍ ىيػ ه٘صضىا ىىإ فذٌٖ يذىا زٍصقتيى حٍػ٘ضَ٘ىا وٍيضتت ، بدلأا ًٕٗ ، خاّاٍثىا غَر خاٍْقتٗ حٍضازتفلاا حٌ٘ستىا حٍىآٗ داذسىا ِػ فيختىا باثسأ ىاٗ خلاتاقَىاٗ خاٍْؼىاٗ حظصلاَىا ًّاذٍَىا جضثىا وَشٌٗ , يرذْم عزف ةتنٍ (BSM) يزٌذّاٍ اٌزٍس حٌر٘س لْت ًف حٌاّٖ ٕ٘ خاّاٍثىا رذصٍٗ ، كئاح٘ وٌَ٘تىا حظفضٍ ذرٌ٘ ، حٍْؼىا / ُانسىات كيؼتٌ اٍَف ، ذقؼيى حٍضازتفلاا حضتازَىاٗ ، ًف ُ٘فظٍ٘ / ُ٘فظٍ٘ 2018 وٍيضت . اّاٍثىا ضزػٗ ، خاّاٍثىا ٍِ ذضىا ًٕٗ ، حٍَٖ وصازٍ ثلاح ٍِ خاّاٍثىا يرذْم عزف ةتنٍ (BSM) يزٌذّاٍ اٌزٍس حٌر٘س لْت PT داتْتسلاا ٗأ / ٗ خ خاّاٍثىا ٍِ كقضتىا ٗأ / ٗ اٌر٘س لْت . ( يزٌذّاٍ يزٍس PT ًف زٍصقتيى حٍػ٘ضَ٘ىا طٗزشىا ُأ حسارذىا ٓذٕ ذئاتّ خذرٗ زثَسٌد 2018 31 ًف اَم وٌَ٘تىا حظفضٍ ىىإ ا BSM ًداْتسا ، يرذْم عزف ، ) = ، ح 2،664 ٍتٗر ،076 ،974 ،054 249 غىاثىا وٌَ٘تىا ًىاَرإ ٍِ ٪ 1.07 ىىإ وصٌ ، وٌَ٘تىا غيثٍ ًىاَرإ ٍِ ، Rp 224 0.5٪ حغىاثىا دامأ حضتازَىا خازتَْىٗ حٍتٗر ،888 ،888 فيختىا باثسأ ٌسقْت .ةيقتٍ اذٕ ، ًّاخىاٗ ، حٍساٍقىا شٍاٖ٘ىا باسصٗ ، حٍىاؼىا شٍاٖ٘ىا :إَ ، ٍٍِيخاد ٍِيٍاػ ىىإ داذسىا ِػ ا وٍا٘ؼىا ، ،555 ،915 ،124 559 = Rp. 1 ، ،969 ،982 FINAL ٌتٌ .غفذىا ىيػ جرذقىا ضافخّاٗ )ئٍسىا غتاطىا( ئٍسىا غتاطىا ًٕٗ ، حٍرراخى ه حٍضازتفلاا حٌ٘ستىا حٌ٘ست خاداذػلإا وضت ساَسىا كيغت لاٗ ءلاَؼىا خاّاَض ذٍفْتٗ حينٍٕ جداػإ يأ ، ا يرذْم عزف ةتنٍ (BSM) يزٌذّاٍ اٌزٍس حٌر٘س لْت ًف ًٍيخاد ًاػ ونشت حٌٍْذىا ٌماضَىا ًف ًضا قتىا كٌزط ِػ حٍضازتفلاا

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: perbankan, bank islam,
Subjects: Islam (Umum)
Bank
Bank Islam
Divisions: PASCASARJANA > Prodi Ekonomi Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 22 Jul 2019 00:40
Last Modified: 22 Jul 2019 00:40
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1825

Actions (login required)

View Item View Item