POLA PENDIDIKAN AKHLAK PADA ANA’ SAMA MASYARAKAT BAJO SAMPELA KECAMATAN KALEDUPA KABUPATEN WAKATOBI

Amran, A (2019) POLA PENDIDIKAN AKHLAK PADA ANA’ SAMA MASYARAKAT BAJO SAMPELA KECAMATAN KALEDUPA KABUPATEN WAKATOBI. Skripsi thesis, IAN KENDARI.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pernyataan dan pengesahan.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata engantar.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (514kB) | Preview
[img] Text
3 dan 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustakla.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Amran Nim. 14010101126 “Pola Pendidikan Ahklak pada Ana’ Sama Pada Masyarakat Bajo Sampela Kecamatan Kaledupa Kebupaten Wakatobi” Di Bimbing Oleh Dr. Laode Abdul Wahab M.Pd Skripsi ini berkenaan dengan studi Pola Pendidikan Akhlak Pada Ana’ Sama Masyarakat Bajo Sampela Kecamatan Kaledupa Kebupaten Wakatobi. Pokok kajian dalam Skiripsi ini ialah bagaimana Pola Pendidikan Akhlak Ana’ Sama pada masyarakat Bajo Sampela Kecamatan Kaledupa Kebupaten Wakatobi? Dalam penelitian skripsi ini penulis meggunakan penelitian deskriptif kualitatis. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah metode tehnik Field research (penelitian lapangan) yakni observasi, interview dan dokumentasi. Adapun tehnik analisis data yang digunakan disini dalam penelitian ini ialah: reduksi data (data reduction ), penyajian data (data display ),Verifikasi (verification ) penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecehan keabsahan data yang digunakan adalah dengan melakukan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa subjek pada masyarakat Bajo Sampela menggunkan beberapa pola pendidikan anak yaitu:1)pabbiasa/pembiasaan.2)Madituhu’/keteladanan.3)Dibaraang/nasehat.4) Madilao’/dilaut. Pemelihan pola pendidikan tersebut berdasarkan oleh faktor pendidikan orang tua anak, ekonomi keluarga dan pekerjaan orang tua. Penerapan pola demokratif akan menghasilkan karakteristik anak yang mandiri, dapat mengontrol diri, dan mempunyai hubungan yang baik, mampu menghadapi sitres, mempunyai minat terhadap hal-hal baru dan koperatif terhadap orang lain. Anak yang didik dengan pola otoriter akan menghasilkan karakteristik anak yang penakut, pendiam, tertutup, tidak berinisiatif, gemar menentang, suka melanggar norma, berkepribadian lemah, cemas dan sering ditindas oleh temannya serta tidak bisa melindungi dirinya sendiri. Sedangkan anak yang didik dengan pola permisif akan menghasil karakteristik anak yang impulsive, agresif, tidak patuh, manja, kurang mandiri, mau menang sendiri, kurang percaya diri, cepat marah, egois, cenderung nakal, menindas temannya dan kurang matang secara sosial, sehingga mengakibatkan anak tidak disukai dan dijauhi oleh teman-temannya dan yang terakhir pola didik masyarakat Bajo yaitu pola nasehat pola keteladanan dan pola pembiasaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pendidikan karakter, akhlak, budaya masyarakat
Subjects: Budaya Organisasi
Pendidikan
Sosial dan Budaya Islam
Pendidikan Islam
Islam (Umum)
Fiqhi
Ahlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 05 Aug 2019 06:03
Last Modified: 05 Aug 2019 06:03
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1848

Actions (login required)

View Item View Item