IMPLEMENTASI TRILOGI KI HAJAR DEWANTARADALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MEMBENTUK KEPRIBADIAN SISWA DI MAN 1 KONSEL

Tri Agustin Puri Nandani NIM.15010101079, T (2019) IMPLEMENTASI TRILOGI KI HAJAR DEWANTARADALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MEMBENTUK KEPRIBADIAN SISWA DI MAN 1 KONSEL. Skripsi thesis, IAN KENDARI.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (862kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (878kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata pengantar.pdf

Download (950kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftarisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (913kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (784kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (878kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tri Agustin Puri nandani, NIM: 15 01 01 01 079. Implementasi Trilogi Ki Hajar Dewantara Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Membentuk Kepribadian Siswa Di MAN 1 Konsel (DIbimbing Oleh: Dra Marlina Gazali M.Pd.I) Secara garis besar skripsi ini mendeskripsikan tentang implementasi trilogi Ki Hadjar Dewantara dalam pembelajaran pendidikan agama Islam untuk membentuk kepribadian siswa di MAN 1 Konsel. Penelitian ini mengangkat realitas lapangan yang empirik yang berkaitan dengan permasalahan implementasi trilogi Ki Hadjar Dewantara dan kepribadian siswa. Trilogi Ki Hadjar Dewantara adalah konsep pendidikan yang menghapuskan pendidikan tanpa paksaan sehingga anak-anak dapat memiliki budi pekerti yang baik. Masalah yang diteliti yaitu. (1) implementasi trilogi Ki Hadjar Dewantara dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di MAN 1 Konsel (2) tanggapan guru PAI dalam mengimplementasikan Trilogi Ki Hadjar Dewantara dalam pembelajaran pendidikan agama Islam untuk membentuk kepribadian siswa di MAN 1 Konsel Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif dengan lokasi penelitian di MAN 1 Konsel. Sumber data dalam penelitian yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Data lapangan diperoleh dari informan yang dipilih secara purposif. Peneliti bertindak sebagai instrumen utama, dibantu pedoman wawancara, kamera-foto, dan alat tulis. Data lapangan dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Keabsahan data penelitian ini yaitu melalui triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa implementasi trilogi di MAN 1 Konsel dilakukan dalam tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam tahap tersebut didalamnya mencakup guru menjadi teladan, terlibat dalam proses pembelajaran siswa dan memberikan dukungan kepada siswa. MAN 1 Konsel merupakan sekolah yang menerapkan trilogi Ki Hadjar Dewantara, namun trilogi bukanlah peraturan tertulis disekolah tersebut. Implementasi trilogi Ki Hadjar Dewantara mendapat respon positif dari guru PAI karena merupakan kewajiban setiap pendidik dalam membentuk kepribadian siswa dan siswinya yang sesuai dengan ajaran Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: MANAJEMEN PENDIDIKAN, PEMBENTUKAN KARAKTER
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 28 Aug 2019 05:21
Last Modified: 28 Aug 2019 05:21
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1872

Actions (login required)

View Item View Item