SITI RAHMI 15010101043, S (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMKN 2 KENDARI. Skripsi thesis, IAN KENDARI.
|
Text
COVER.pdf Download (589kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (569kB) | Preview |
|
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (835kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (960kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (579kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (605kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (590kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (678kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (394kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Siti Rahmi NIM 15010101043. Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMKN 02 Kendari, melalui bimbingan ibu Dra.Marlina Gazali, M.Pd.I Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas X Konstruksi Irigasi Jalan dan Jembatan SMKN 02 Kendari dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Action Classroom Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Konstruksi Irigasi Jalan dan Jembatan tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Setiap pertemuan dilaksanakan selama 3x45 menit dan setiap akhir pertemuan kedua pada setiap siklus dilakukan evaluasi untuk mengetahui hasil belajar siswa. Adapun indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari meningkatnya rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajar mencapai 80%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan berdasarkan hasil tes yang diberikan. Nilai rata-rata prasiklus 72,19 dengan ketuntasan hasil belajar mencapai 53,85% dan setelah dilaksanakannya tindakan siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 76,11 dengan ketuntasan belajar mencapai 65,38% , dan setelah dilaksanakannya tindakan siklus II nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 82,19 engan ketuntasan hasil belajar 84,61%. Adapun peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke siklus I sebesar 5,43% , peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 7,90% , dan peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke siklus II sebesar 13,85%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Example Non Example pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di kelas X Konstruksi Irigasi Jalan dan Jembatan SMKN 2 kendari, dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Example Non Example, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | MODEL PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR SISWA |
Subjects: | Kinerja Guru Pendidikan Pendidikan Islam Islam (Umum) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Andi Nila Nurfadhilah |
Date Deposited: | 13 Sep 2019 07:46 |
Last Modified: | 13 Sep 2019 07:46 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1894 |
Actions (login required)
View Item |