PENERAPAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMA NEGERI 2 LADONGI KABUPATEN KOLAKA TIMUR

NOVI ANISA 15010101026, N (2019) PENERAPAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMA NEGERI 2 LADONGI KABUPATEN KOLAKA TIMUR. Skripsi thesis, IAN KENDARI.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata pengantar.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (485kB) | Preview
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (827kB)
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK NOVI ANISA, NIM. 15010101026 “Penerapan Strategi Everyone is a teacher here Dengan Menggunakan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMA Negeri 2 Ladongi Kabupaten Kolaka Timur.” Dibimbing Oleh Dr. Imelda Wahyuni, S.S, M.Pd. I. Penelitian ini membahas tentang penerapan strategi everyone is a teacher here dengan menggunakan media gambar yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Ladongi Kabupaten Kolaka Timur. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan pada semester genap di kelas X IPS dengan jumlah siswa 23, dan penelitiaan ini dikhususkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan sub-bahasan “hikmah haji, zakat dan wakaf” dan “meneladani perjuangan rasulullah di. madinah” dengan prosedur penelitiaan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi secara berulang selama dua siklus. Pengambilan data dilakukan dengan mengobservasi proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan lembar observasi dan data ketuntsan belajar yang diambil dengan cara memberikan tes kepada siswa setelah selesai tindakan. Dengan indikator keberhasilan individu mencapai KKM yakni 75 dan ketuntasan klasikal individu mencapai 80% pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitiaan ini menemukan bahwa penerapan strategi eveyone is a teacher here dengan menggunakan media gambar. Dimana nilai Presentasi tuntas siswa setelah tindakan siklus I meningkat dibandingkan dengan nilai pra siklus yakni 52,17 menjadi 69,43 dengan peningkatan Presentasi peningkat sebesar 33,33%, dengan nilai rata-rata 77,60. Namun belum mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan. Selanjutnya nilai Presentasi tuntas siklus II meningkat dibandingkan dengan nilai Presentasi tuntas siklus I yang dari 69,43 menjadi 86,95dengan presentasi peningkatan sebesar 25,17%, dengan nilai rata-rata 85,26. Dengan demikiaan, dapat disimpulkan bahwa strategi eveyone is a teacher here dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X IPS SMA Negeri 2 Ladongi pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Harapannya melalui penelitiaan ini dengan judul “everyone is a teacher here dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMA Negeri 2 Ladongi Kabupaten Kolaka Timur” bisa bermanfaat bagi orang lain dan peneliti lain dalam mengembangkan wawasan dan pemahaan mengenai penelitiaan tindakan kelas (PTK) dan juga bermanfaat bagi guru-guru dalam mengembangkan berbagai strategi-strategi yang dapat membangkitkan minat belajar siswa dan sangat bermanfaat khususnya bagi guruguru di SMA Negeri 2 Ladongi dalam menerapkan strategi pembelajaran everyone is a teacher here sehingga dapat membuat siswa aktif dalam kelas dan tidak lagi merasa jenuh dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam, hal ini sangat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: everyone is a teacher here, media gambar dan hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: strategi mengajae, media mengajar
Subjects: Kinerja Guru
Pendidikan
Pendidikan Islam
Islam (Umum)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 17 Sep 2019 03:19
Last Modified: 17 Sep 2019 03:19
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1897

Actions (login required)

View Item View Item