MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X MIA 2 DI SMA N I KENDARI

INGGI MULYANI, NIM : 12010101027 (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X MIA 2 DI SMA N I KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (929kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (575kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (913kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Inggi Mulyani, Nim. 12010101027, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X Mia 2 di SMA Negeri I Kendari”. (Dosen pembimbing I Dr. H. Nur Alim, M. Pd dan Pembimbing II Dra. Hj. St. Fatimah Kadir, MA) Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya minat belajar siswa khususnya terhadap mata pelajaran pendidikan agama Islam yang berakibat pada hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Hal tersebut disebabkan karena dalam proses belajar-mengajar guru masih menggunakan model konvensional yang di dominasi oleh metode ceramah. Kemudian tidak memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada siswa untuk aktif, yang mengakibatkan siswa bosan dan jenuh dalam mengikuti pembelajaran. Kemudian tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam melalui penerapan model pembelajaran everyone is a teacher here di kelas X Mia 2 SMA Negeri I Kendari. Hasil belajar yang dimaksudkan adalah nilai hasil belajar yang diperoleh melalui tes tertulis pada setiap akhir tindakan tiap siklus. Adapun penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas, yang menjadi subyek penelitiannya adalah siswa kelas X Mia 2 SMA Negeri I Kendari yang berjumlah 41 orang, terdiri dari 24 orang perempuan dan 17 orang laki-laki. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan oleh peneliti dengan menerapkan model pembelajaran everyone is a teacher here di kelas X Mia 2 SMA Negeri I Kendari menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Hal ini dapat dilihat pada tindakan pra siklus siswa yang tuntas belajar hanya 16 orang (39,02%), kemudian diperbaiki di siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi 28 orang (68,29%) dan pada siklus II siswa yang tuntas belajar sebanyak 38 orang (92,68%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Nur Alim, M. Pd dan Dra. Hj. St. Fatimah Kadir, MA
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, EVERYONE IS A TEACHER HERE
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 18 Sep 2017 06:43
Last Modified: 18 Sep 2017 06:43
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/211

Actions (login required)

View Item View Item