BAHASA ARAB DALAM KONTEKS SIMBOL AGAMA

Imelda, Wahyuni (2017) BAHASA ARAB DALAM KONTEKS SIMBOL AGAMA. Zawiyah, 3 (2). pp. 78-92. ISSN 2477-6149

[img]
Preview
Text
9. ZJPI-Vol 3 No 2 Desember 2017 Imelda Wahyuni-Bahasa Arab dalam Konteks Simbol Agama.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. PCX - Report-ZJPI-Vol. 3 No 2 Desember 2017-BAHASA ARAB DALAM KONTEKS SIMBOL AGAMA.pdf

Download (294kB) | Preview
Official URL: http://ejournal.iainkendari.ac.id/zawiyah/article/...

Abstract

Bahasa Arab sebagi bahasa agama dan bahasa internasional menjadi daya tarik tersendiri untuk dipelajari. Kajian ini mengungkap bahwa bentuk pemaknaan kedudukan, fungsi, dan tujuan bahasa Arab dalam pembelajaran dengan mengangkat studi kasus pada beberapa program studi di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan melakukan teknik pengumpulan data dengan bentuk wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti beranggapan bahwa tujuan pembelajaran pada setiap jenjang pendidikan khususnya perguruan tinggi sangat tergantung pada rancangan kurikulum pembelajaran. Penelitian ini menemukan bahwa tujuan pembelajaran bahasa Arab pada perguruan tinggi adalah mewujudkan kompetensi kebahasaan, mengembangkan kompetensi komunikasi, dan mengintegrasikan pemahaman kebudayaan dalam pembelajaran bahasa Arab. Ketiga tujuan pembelajran bahasa Arab yang telah dirumuskan dalam kurikulum belum tercapai secara maksimal, sehingga penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk merekonstruksi strategi pemahaman mahasiswa terhadap tujuan pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Article
Additional Information: Bahasa Arab, Tujuan Pembelajaran, Simbol Agama
Subjects: Pendidikan
Sosial dan Budaya Islam
Pendidikan Islam
Ilmu Bahasa
Divisions: KARYA TULIS ILMIAH DOSEN > DSN_IMELDAWAHYUNI
KARYA TULIS ILMIAH DOSEN > DSN_IMELDAWAHYUNI
Depositing User: Dr Imelda Wahyuni
Date Deposited: 29 Nov 2019 07:52
Last Modified: 29 Nov 2019 07:52
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2125

Actions (login required)

View Item View Item