PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS IVb SDN 3 RANOMEETO, KEC. RANOMEETO KAB. KONAWE SELATAN

DEWI SATRIYANA NIM. 14010104033, D (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS IVb SDN 3 RANOMEETO, KEC. RANOMEETO KAB. KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (884kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (737kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (749kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (757kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dewi Satriyana, NIM.14010104033 “Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) di Kelas IVb SDN 3 Ranomeeto Kec. Ranomeeto Kab. Konawe Selatan” (dibimbing oleh Erdiyanti, S.Ag, M.Pd). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui penerapan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division). Adapun masalah dalam penelitian ini dibatasi pada bagaimanakah penerapan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) pada mata pelajaran PKn kelas IVb SDN 3 Ranomeeto dan apakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) di kelas IVb SDN 3 Ranomeeto? Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan (PTK), yang dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi: Perencanaan (Planning), Pelaksanaan tindakan (Action), Observasi (Observing), Evaluasi dan Refleksi (Reflecting). Data-data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan hasil belajar yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVb pada tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 20 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis, menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sebelum tindakan mencapai 45% dengan nilai rata-rata sebesar 62,75. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 65% dengan rata-rata sebesar 70. Hasil belajar siswa pada siklus II meningkat secara signifikan yaitu dengan persentase 90% dengan nilai rata-rata 81,5 sehingga telah mencapai KKM yang telah ditetapkan, dan telah mencapai ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan yakni apabila 80% siswa memperoleh nilai ≥70. Adapun persentase peningkatan dari pra siklus ke siklus I adalah 44,44% sedangkan persentase peningkatan dari siklus I ke siklus II adalah 38,46% dan persentase peningkatan dari pra siklus ke siklus II sebesar 100%. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVb SDN 3 Ranomeeto pada mata pelajaran PKn. Kata Kunci: Model Pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division), Hasil Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn, MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)
Uncontrolled Keywords: PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn, MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 18 Dec 2019 02:47
Last Modified: 18 Feb 2021 02:44
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2180

Actions (login required)

View Item View Item