YUYUN ISRAWATI 15010104083, Y (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED INSTRUCTION) PADA SISWA KELAS Va SD NEGERI 17 KENDARI MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED INSTRUCTION) PADA SISWA KELAS Va SD NEGERI 17 KENDARI. Skripsi thesis, IAN KENDARI.
|
Text
COVER.pdf Download (454kB) | Preview |
|
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN DAN PENGEAHAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTARK.pdf Download (422kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (484kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTARK.pdf Download (422kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (570kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (469kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (929kB) |
||
|
Text
BABB 5.pdf Download (433kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (427kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (15MB) | Preview |
Abstract
ABSTAK Yuyun Israwati, NIM. 15010104083 “Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Instruction) Pada Siswa Kelas Va SD Negeri 17” dibimbing oleh Erdiyanti, S.Ag.,M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI). Adapun masalah dalam penelitian ini dibatasi pada bagaimana penerapan model pembelajaran berbasis masalah problem based instruction (PBI) pada mata pelajaran IPA siswa kelas Va SD Negeri 17 Kendari dan apakah penerapan model pembelajaran berbasis masalah problem based instruction (PBI) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas Va SD Negeri 17 Kendari. Jenis penelitian ini adalah penenlitian tindakan kelas (PTK), yang dalam proses pelaksanaan dilakukan dengan proses pengkajian yang terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi serta melakukan refleksi, dimana teknik analisis data dalam penelitian ini akan dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif yang dimaksud untuk memberikan gambaran peningkatan kualitas belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction dengan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Berdasarkan aktivitas siswa dan guru terjadi peningkatan yang signifikan. Hal ini sesuai dengan hasil observasi aktivitas guru pada siklus I pertemuan pertama diperoleh persentase 65%, aktivitas siswa pertemuan pertama siklus I 68,23%. Aktivtas guru siklus I pertemuan kedua 68,75%, aktivitas siswa siklus I pertemuan kedua 76,92. Sedangkan aktivitas guru siklus II pertemuan pertama mencapai 90,47%, aktivitas siswa siklus II pertemuan pertama 95%, Aktivtas guru siklus II pertemuan kedua 94,73%, aktivitas siswa siklus II pertemuan kedua mencapai 100%. Penerapan model pembelajaran problem based instruction dapat meningkatan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa sebelum tindakan siklus I dengan nilai rata-rata 61,20 persentase hasil belajar siswa mencapai 44%. Setelah dilakukan tindakan siklus I dengan nilai rata-rata 71,60 persentase hasil belajar siswa meningkat dengan persentase ketuntasan 60%. Sedangkan pada siklus II peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat secara signifikan yaitu dengan nilai rata-rata 81,60 dengan presentase ketuntasan 80%. Peningkatan persentase setiap siklus 33,33% dan peningkatan persentase keseluruhan sebesar 81,81% Kata Kunci: Model PBI, Hasil Belajar IPA
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED INSTRUCTION) SD NEGERI 17 KENDARI |
Subjects: | Manajemen Kinerja Guru Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD |
Depositing User: | Andi Nila Nurfadhilah |
Date Deposited: | 18 Dec 2019 07:35 |
Last Modified: | 18 Dec 2019 07:35 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2193 |
Actions (login required)
View Item |