PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI METODE READING GUIDE PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SATAP 6 KONAWE SELATAN

SARWILNA WATI 15010104086, S (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI METODE READING GUIDE PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SATAP 6 KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf

Download (875kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (448kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTRA PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sarwilna wati, NIM. 15010104086 “Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Metode Reading Guide Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Satap 6 Konawe Selatan” dibimbing oleh Dr. Batmang S.Ag, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran Reading Guide. Adapun masalah dalam penelitian ini dibatasi pada bagaimana penerapan metode pembelajaran Reading Guide dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 4 SD Negeri Satap 6 Konawe Selatan dan apakah metode pembelajaran reading guide dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 4 SD Negeri Satap 6 Konawe Selatan? Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan dengan empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan evaluasi serta melakukan refleksi, dimana teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis deskriptif untuk memberikan gambaran mengenai peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode reading guide dengan lembar observasi aktifitas guru dan siswa. Pada pembelajaran siklus I, dengan penerapan metode reading guide proses pembelajaran yang berlangsung sudah membaik, ini terlihat dari presentase keaktifan siswa siklus I pertemuan pertama mencapai 60% dan pertemuan kedua mencapai 68,33%. Siklus II pertemuan pertama mencapai 81,67% dan pertemuan kedua mencapai 91,67%. Aktivitas guru pada siklus I pertemuan pertama mencapai 58,75%, dan pertemuan kedua mencapai 70%. Siklus II pertemuan pertama 76,25% dan pertemuan kedua meningkat sebesar 90%. Hasil belajar siswa sebelum tindakan mencapai 31,25% dengan nilai rata-rata sebesar 63,75. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 68,75% dengan rata-rata sebesar 74,68. Hasil belajar siswa pada siklus II meningkat secara signifikan yaitu dengan persentase 93,75% dengan nilai rata-rata 84,68. Adapun persentase peningkatan dari pra siklus ke siklus I adalah 17,51% sedangkan persentase peningkatan dari siklus I ke siklus II adalah 13,38%. Sehingga bisa disimpulkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata dari pra siklus ke siklus I kemudian ke siklus II. Kata Kunci ; Reading Guide, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA, METODE READING GUIDE, SD NEGERI SATAP 6 KONAWE SELATAN
Subjects: Manajemen
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 19 Dec 2019 08:34
Last Modified: 19 Dec 2019 08:34
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2202

Actions (login required)

View Item View Item